Beranda Metropolis

Fasilitas Anak-anak Harus Terjamin

BERBAGI
HARUS AMAN: Seorang anak asyik bermain bola di Taman Kencana.

BOGORRADAR BOGOR, Melalui rapat koordinasi (rakor) gugus tugas Kota Layak Anak (KLA) tahun 2018 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersepakat dan berkomitmen ingin mewujudkan sebagai kota yang benar-benar layak terhadap anak. Di samping target dan keinginan lainnya sebagai kota yang bersih, nyaman, dan aman untuk warganya.

Hal tersebut dikatakan Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman usai memberikan sambutan sekaligus membuka rakor gugus tugas KLA tahun 2018 di Paseban Sri Bima, Balaikota, Selasa (6/3).

“Untuk KLA ini, Kota Bogor sudah masuk langkah yang pertama dengan mendapatkan kriteria Pratama. Meskipun masih diperlukan langkah-langkah dan upaya berikutnya sebagai KLA,” jelas Usmar.

Sinergitas dan langkah terpadu yang dilakukan melalui rakor tersebut, katanya, adalah untuk menyamakan persepsi di antara dinas-dinas terkait dengan para pihak lainnya dalam hal infrastruktur, mulai tingkat kota hingga yang terbawah di tingkat RW dan RT.

“Kenapa demikian, karena ini harus ‘nyambung’ dan harus bersinergi. Kalau Kota Bogor ingin masuk ke kategori berikutnya, maka ketersediaan fasilitas untuk anak-anak ini harus terjamin. Bahwa mereka aman bermain, nyaman berinteraksi dengan sesamanya. Sehingga akan tercipta interaksi positif antara anak yang satu dengan yang lainnya,” papar Usmar.

Yang paling penting, masih kata Usmar, keluarga menjadi tidak khawatir dengan lingkungan di mana mereka tinggal dan bermain. Demikian halnya dengan cakupan lingkungan yang lebih luas seperti di tingkatan kecamatan dan kota, karena semua fasilitas pendukungnya telah menjamin keamanan dan kenyamanan mereka.

Selain dihadiri Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, rakor itu juga diikuti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMPPA) Artiana Yanar Anggraini serta perwakilan sejumlah dinas.(*/ran/a)

Baca Juga