Beranda Pendidikan

Enam Tahun Berturut-turut Raih Juara OSN

BANGGA: Sejumlah siswa berfoto bersama Kepala SMAN 2 Cibinong, Bambang Supriyadi, usai mengikuti OSN.

CIBINONGRADAR BOGOR, SMAN 2 Cibi­nong kembali menun­jukkan pres­tasinya. Setelah enam tahun ber­­turut-turut berhasil meraih juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabu­paten. Kini, sebanyak 23 siswa berhasil meraih sepuluh besar dan 15 siswa maju ke OSN tingkat Provinsi Jawa Barat.

Wakil Kepala SMAN 2 Cibi­nong Bidang Kurikulum, Ani Rohaeni menjelaskan, total ada 83 siswa SMAN 2 Cibinong yang mengikuti tahapan OSN. Siswa yang ikut tersebut sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat sekolah.

Hanya, sekolah juga tidak menutup pendaftaran bagi siswa yang tidak terseleksi. Sehingga semua siswa memiliki kes­empatan yang sama untuk bisa ikut OSN tingkat ka­bupaten ini.

”Namun, yang tidak terseleksi berlatih dengan strategi sendiri, sedangkan yang terseleksi mendapatkan pelatihan dari guru internal maupun pelatih yang didatangkan dari luar sekolah,” ujarnya.

Ani mengaku, siswanya selalu antusias dalam mengikuti kompetisi. Karena dengan mengikuti kompetisi ini, ada pembelajaran dari proses yang mereka jalani untuk menda­patkan sesuatu.

”Pembelajaran kan tidak terus dalam kelas, serta mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki,” bebernya.

Dengan keberhasilan tersebut, tentunya membuat Ani bangga atas prestasi siswanya, terutama dalam ajang OSN tingkat Kabupaten Bogor ini.

“Saya berharap siswa yang lolos ini bisa berprestasi di tingkat Jawa Barat, bahkan bisa meraih juara di tingkat nasional hingga internasional,” tutur Ani.

Salah seorang siswa dari SMAN 2 Cibinong yang akan maju ke OSN tingkat Jawa Barat, Zahra Qolbi Ainayah, mengaku sangat senang bisa membuat bangga orang tua bahkan sekolah melalui prestasinya ini.

“Untuk ke depannya harus lebih ditingkatkan lagi belajar dan doanya,” katanya.

Siswa lainnya, Aji Andhika Falah mengatakan, keberhasilan ini tidak lantas membuatnya puas.

“Untuk bisa juara di tingkat Jawa Barat saya akan terus berlatih,” tukasnya.(cr1/c)

Baca Juga