Beranda Berita Utama

Oscar Pertama untuk Ibu

BANGGA: (Kiri-kanan) Sam Rockwell, Frances McDormand, Allison Janney, and Gary Oldman memperlihatkan Piala Oscar yang diraih.

LOS ANGELS-RADAR BOGOR,’’OH,’’ Gary Oldman terengah ketika menerima Piala Oscar dari Jane Fonda. Tangannya yang ge­metar mera­­­pikan amplop sem­bari menata napas.

”Well, terima kasihku yang paling dalam kepada anggota Academy… untuk… hadiah… yang… oh, menakjubkan ini,’’ ucapnya dengan terbata-bata. Setelah beberapa saat, barulah pemenang Aktor Terbaik lewat film Darkest Hour itu mampu melanjutkan pidatonya dengan lancar.

Wajar kalau Oldman begitu speechless menerima Oscar. Sudah 36 tahun pria kelahiran London, Inggris, tersebut menekuni karier. Peran-perannya pun tak bisa dipandang sebelah mata. Namun, baru kali ini dia mendapatkan penghargaan tertinggi. Untuk itu, Oldman mempersembahkan Piala Oscar tersebut untuk sang bunda, Kathleen.

’’Dia akan berulang tahun ke-99, lebih tua dari The Oscars, dan dia menonton acara ini dengan nyaman di sofanya,’’ ujar Oldman. ’’Untuk ibuku, terima kasih atas cinta dan dukunganmu. Letakkan tekonya, aku membawa Oscar pulang,’’ lanjutnya dengan penuh haru.

Totalitas Oldman ketika memerankan Winston Churchill memang tidak tanggung-tanggung. Penonton benar-benar tidak mengenalinya bukan hanya karena make-up menakjubkan dari Kazuhiro Tsuji. Tapi, dia memang benar-benar masuk ke dalam karakter sang Perdana Menteri Inggris di era Perang Dunia II itu.

”Terima kasih juga untuk Winston Churchill atas perjalanannya yang luar biasa,’’ sebutnya.

Frances McDormand tak kalah gembira. Piala Aktris Terbaik memang bukan yang pertama baginya. Namun, dua kali meme­nangkan kategori tersebut (yang pertama direbutnya pada 1997 lewat film Fargo) membuatnya masuk klub elite. Yakni seorang di antara 14 perempuan yang mampu memenangkan trofi Aktris Terbaik lebih dari sekali. (fam/adn/c22/na)

Baca Juga