Beranda Pendidikan

Mahasiswa Chiba University Mengajar di Kornita

BERBAGI
SERIUS: Salah seorang siswa SMA Kornita didampingi langsung mahasiswa Chiba University saat praktik.

DRAMAGA–RADAR BOGOR, Sepuluh maha­siswa Chiba University Jepang mengunjungi SMA Kornita, Kamis-Sabtu (1-3/3) lalu. Dalam kunjunganya, perwa­kilan mahasiswa sarjana dan pascasarjana dari Negeri Sakura jurusan pendidikan ini, tak lain untuk praktik me­ngajar di SMA Kornita. Kegiatan itu masuk program Twin Col­lege Envoys (Twicle).

Kepala SMA Kornita Tri Heru Wi­darto menjelaskan, program tersebut merupakan bentuk kerja sama antara IPB dan Chiba Universiti yang sudah berjalan selama lima tahun.

”Karena kami di bawah nau­ngan IPB, sehingga kami pun merasakan dampaknya. Jadi kami mendapat kunjungan setahun sekali, kami sangat terbuka dengan adanya kunjungan ini,” ujarnya.

Dengan Twicle, kata dia, memberikan banyak manfaat bagi sekolahnya, terutama bagi siswa apalagi guru SMA Kornita.

”Guru bisa belajar banyak tentang cara dan sistem mereka dalam mengajar, termasuk budayanya,” beber Heru.

Dengan begitu, ia berharap, siswa maupun guru SMA Kornita dapat terus mening­katkan kualitas dan kapasitas diri agar dapat menciptakan pendidikan yang lebih baik lagi.

”Semoga kerja sama seperti ini dapat terus berlanjut, bah­kan berkembang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dari program ini, Tri mengaku ingin agar guru-guru SMA Kornita bisa berangkat lagi ke Jepang untuk lebih mendalami sistem pend­idikan di Jepang.

”Walaupun mungkin untuk saat ini baru guru-guru yang bisa berangkat, tapi saya berharap siswa juga bisa berangkat. Makannya kemarin saya coba obrolkan dengan Prof Nomura dari Chiba Univer­sity,” tutupnya. (cr1/c)

 

Komentar Anda