Beranda Berita Utama

Lebih dekat dengan Abe, Pelatih Tinju Presiden Jokowi

BERBAGI
KOMPAK: Albert Gilbert Nanlohy (kiri) saat bersama keluarganya.
BOGOR-RADAR BOGOR,Selain menjalankan tugas sebagai kepala negara, rutinitas santai Presiden Joko Widodo pada hari libur yakni berlatih tinju. Dalam vlog berjudul #JKWVLOG TINJU, terlihat orang nomor satu di Indonesia itu dilatih seorang pria yang ternyata warga Bogor.
Laporan: Jaenal Abidin
Dalam benak Albert Gilbert Nanlohy, tak pernah terpikirkan bisa menjadi pelatih tinju seorang presiden. Namun, ternyata, pria yang juga pelatih tim Porda Kota Bogor itu sudah sekitar empat bulan melatih tinju di Istana Bogor.
Ia mengaku, awalnya menggantikan pelatih tinju Udin Syamsudin yang sedang kurang sehat.
“Melatih atlet dengan presiden sangat beda. Latihannya ringan saja dan tidak ada kesulitan. Yang jelas, saya sendiri punya kebanggaan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.
Sehari-hari, Abe –sapaan akrabnya– kini menjabat kepala UPTD Pemrosesan Akhir Sampah Galuga pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor. Ternyata, ia mengawali karier sebagai atlet pada 1989 di Kota Bandung.
Kemudian, ditarik ke Kota Bogor untuk menjadi pelatih pada 1992  dan bekerja sebagai pegawai kontrak sampai 1994. Akhirnya, pada 1996 diangkat jadi PNS hingga sekarang.
Abe  kini tinggal di Jalan Ciburial 2, Cluster Family No 3, Kelurahan Ciparigi, bersama sang istri Emiliana Moa dan tiga anaknya, Fino Nanlohy, Fiona Nanlohy, dan Filo Nanlohy.
Tak hanya itu, Abe pun sudah banyak menempati berbagai jabatan di beberapa dinas. Termasuk mantan kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal.
“Memang keluarga besar petinju, dan saya jadi atlet karena hati,” ucap Abe yang saat ini juga tengah membawa dua anaknya, Alfino Cesar Nanlohy (kelas welter 69 kg) dan Viona Nanlohy (kelas layang 48 kg putri) tampil di Babak Kualifikasi Porda Jawa Barat, di Gedung Kesenian Cibinong, Jabar, 5-10 Maret 2018.
Sudah banyak prestasi saat dirinya menjadi pelatih, salah satunya membawa juara Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah), hingga Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional). “Semua prestasi ini tidak luput dari dukungan keluarga,” ucapan.
Seperti diketahui, usai berbelanja sepatu di event Jakarta Sneakersday pada Sabtu (3/3) di Senayan City, Presiden Joko Widodo mengunggah aktivitasnya di akun vlog pribadi miliknya. Dalam video tersebut, Jokowi mempelihatkan aktivitasnya tengah berlatih tinju di Istana Bogor.
“Saat ini saya berada di Istana Bogor dan biasanya pas waktu luang saya suka latihan panahan, jogging dan hari ini saya akan mulai latihan tinju,” kata Jokowi dalam vlog, Minggu (4/3).
Jokowi didampingi pelatih tinju yang dikenalkannya dengan nama Pak Albert. Ia adalah seorang pelatih dari Pertina Bogor. Dirinya mengatakan bahwa main tinju itu berat.
“Main tinju itu berat, berat, berat!” ucapnya.
Kata Jokowi, tinju merupakan olahraga yang cepat capek serta memerlukan sebuah ketahanan fisik tinggi. Namun, hal itu tidak membuatnya kapok. Jokowi bilang olahraga tinju itu seru dan dia akan terus berlatih. Sementara itu,  Albert menuturkan, Jokowi cepat memahami materi pelatihan.
Jokowi mudah menghafal gerakan yang diajarkan. “Ya karena pelatihnya sangat bagus. Hehehe,” kata Jokowi kepada Albert. Selanjutnya, masih dalam video unggahan yang sama, Jokowi mengajak serta sang ajudan menjadi partner bermain tinju. Sang ajudan bernama Teddy itu nampak berbadan lebih besar daripada Jokowi. Menariknya, dalam video tersebut Jokowi lebih aktif melakukan ‘serangan’ tinju ke sang ajudan. Sang ajudan memilih untuk ‘defend’.
Jokowi pun berpesan dalam vlog-nya, supaya terus rajin berolahraga, agar badan dan pikiran selalu segar. “Selain kekuatan fisik, tinju juga memerlukan banyak konsentrasi dan pikiran. Rajinlah berolahraga, agar badan dan pikiran selalu segar,” ujarnya.(nal/jp/c)

Baca Juga