Beranda Pendidikan

Smart Router untuk Simulator UNBK

BERBAGI
TEKNOLOGI: Kadisdik Jabar Ahmad Hadadi (kiri) saat mengahadiri launching ESEMK4 Smart Router.

BANDUNG–Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi meresmikan ESEMK4 Smart Router sebagai perangkat ringkas untuk simulator UNBK portable di SMK Negeri 4 Bandung, Jalan Kliningan No.6, Turangga, Kota Bandung, Senin (26/2).

Dalam sambutannya, Hadadi medukung SMK untuk lebih maju dan menjadi unggulan. ”Kami berterima kasih kepada pihak sekolah dan industri yang sudah mau bekerja sama. Pada intinya SMK itu harus banyak praktik. Dengan adanya ke teaching factory ini, ke depannya kami optimis sekolah akan semakin kuat khususnya SMK,” ujarnya saat ditemui usai acara.

Sementara itu, CEO PT. Pinisi Teknologi Edukasi Ardian Febri mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan SMK Negeri 4 Bandung bertujuan untuk mendukung misi peningkatan kualitas dunia pendidikan.

Pembuatan produk baru ini juga sebagai perwujudan misi Edubox untuk mendukung program pendidikan vokasi. Adanya kerja sama dengan SMK, maka pendidikan vokasi diyakini semakin maju karena para siswa SMK dapat me­ngaplikasikan ilmu kejuruannya secara aktual.

Keunggulan ESEMK4 Smart Router ini, kata Ardian, adalah hardware dan wifi yang com­patible untuk menjangkau siswa dalam satu kelas. Karena perangkatnya ringkas, maka ujian berbasis komputer dapat dilaksanakan kapan saja, dan tidak memerlukan koneksi internet saat ujian.

”Alatnya offline dan hanya menggunakan smartphone. Siswa bisa menggunakannya di mana saja, tidak hanya di sekolah,” jelasnya.

Untuk pengadaan soal-soal, ia menjelaskan, sudah terdapat aplikasi untuk membuat soal di mana setiap anak men­dapatkan soal yang berbeda. Harapannya, dengan adanya produk ini, siswa bisa terbiasa dengan ujian berbasis teknologi. Selain itu, produk ini nantinya dapat digunakan untuk ujian-ujian lain.

”Harapannya, produk baru ini kelak dapat dimanfaatkan untuk kemudahaan dan pembiasaan siswa untuk menghadapi USBN nanti,” pungkasnya.(dis)

Komentar Anda