Beranda Metropolis

Ajak Warga Bersih-bersih Sampah

BEBERSIH: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Elia Buntang bersama petugas kebersihan dan warga membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air.

BOGORRADAR BOGOR, Sampah masih menjadi persoalan utama di kota-kota besar. Tak terkecuali di Kota Bogor. Bahkan dalam sehari, Kota Hujan menghasilkan sampah sebanyak 600 sampai 700 ton.

Nah, di momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor mengajak semua warga bersama jajaran polsek untuk membersihkan tumpukan sampah-sampah di sudut-sudut Kota Bogor, kemarin (2/3).

Kepala DLH Kota Bogor, Elia Buntang mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian memperingati HPSN. Untuk itu, pihak DLH mengajak polsek dan masyarakat untuk membersihkan sampah di beberapa titik.

“Kami bersihkan beberapa titik jalan di Kota Bogor, seperti Jalan Semeru, Sukasari, Bangbarung, juga Jalan Mayor Oking sekitaran stasiun,” bebernya kepada Radar Bogor.

Pembersihan sampah juga dilakukan di sejumlah saluran air yang berada di jalan-jalan tersebut. Pembersihan difokuskan pada sampahsampah plastik yang menyumbat aliran air dan menyebabkan banyaknya genangan ketika curah hujan tinggi.

Dalam sehari, kata Elia, pihaknya berhasil mengangkut tumpukan sampah sebanyak 8 dump truck yang langsung diangkut menggunakan angkutan sampah milik DLH.

“Lumayan banyak, warga pun jadi mengetahui banyak sampah di sekitar mereka yang menyebabkan banjir atau ada genangan air selama ini,” ungkap Elia.

Ia berharap, dengan kegiatan sederhana tapi bermanfaat ini bisa menumbuhkan kesadaran, kepedulian keterlibatan masyarakat terkait lingkungan.

“Agar masyarakat juga sadar dan peduli lingkungan sehingga semua bisa hidup sehat,” tutupnya. (ran/c)

Baca Juga