Beranda Berita Utama

Wow! Ada Burung Dadali di Cap Go Meh Bogor, Ini Penampakannya

KEREN: Kostum Burung Dadali yang dikenakan Sanggar Dewi Ratih di Festival Cap Go Meh Bogor 2018

BOGOR-RADAR BOGOR,Festival Parade Cap Go Meh selalu menampilkan hal-hal unit dari masing-masing peserta yang teridir dari berbagai macam sanggar. Mereka berlomba-lomba memberikan penampilan terbaik dengan membawa ciri khas Bogor.

Bukan hanya itu, make up dan kostum juga menjadi sesuatu yang penting untuk mendukung penampilan mereka. Seperti yang dibawa oleh Sanggar Dewi Ratih. Salah satu kostum yang ditampilkannya yakni burung dadali. Tak jarang masyarakat yang melihatnya meminta foto bersama.

Salah seorang pengguna kostum Farhan (23) mengaku cukup berat jika mengenakan kostum yang terbuat dari bahan karet hati tersebut. Apalagi jika hanya berdiam diri. “Harus sering gerak biar gak kerasa berat,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Tak hanya kostum yang berat, pengguna kostum juga harus memakai sandal yang berukuran tinggi. Hal itu dilakukan agar tinggi penggguna kostum lebih ideal. Namun menurut Farhan, saat harus mengenakan kostum tak terbilang susah. Karena sanggar telah merancangnya agar lebih mudah di buka dan pasang.

“Kondisi hujan begini juga tidak akan mempengaruhi kostum ini, karena memang anti air juga,” katanya.

Salah seorang pengunjung, Yopi (40) mengaku senang bisa melihat generasi muda mempertahankan budaya yang ada di Bogor. Saking senangnya ia pun berfoto bersama pengguna kostum. “Mereka harus diapresiasi di tengah era globalisasi ini masih mau mempertahankan budayanya,” pungkasnya. (rp2)

Baca Juga