Beranda Metropolis

Mensos Pelototi Bansos di Bogor

PERIKSA BANTUAN: Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi Gedung Kesenian
Kemuning Gading, Kota Bogor, kemarin (28/2).

BOGOR-RADAR BOGOR, Bantuan sosial (bansos) Kota Bogor tahun ini sebesar Rp89 miliar mendapat pengawasan ketat. Bahkan, Menteri Sosial Idrus Marham turun gunung memastikan bantuan tersebut disalurkan tepat sasaran.

Seperti yang dilakukannya di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Kota Bogor, kemarin (28/2). Idrus menjelaskan bahwa dana bansos yang disalurkan di Kota Bogor tahun ini dibagi menjadi dua kategori.

Sebesar Rp34 miliar untuk Program Keluarga Harapan (PKH), sedangkan sisanya sebesar Rp55 miliar untuk bantuan pangan nontunai (BPNT).

“Kami di Kementerian Sosial bersama Komisi VIII sudah komitmen bersama. Untuk kepentingan rakyat kita harus bersama-sama dan pastikan bantuan yang ada disalurkan dengan tepat waktu,” jelasnya.

Ia berharap Pemkot Bogor bersama Pemprov Jawa Barat bersinergi dengan baik, sehingga dana bansos disalurkan secara tepat sasaran.

“Kami berharap kepada masyarakat supaya bantuan dari pemerintah dimanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga, terutama untuk pendidikan anak-anak,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah pusat mengalokasikan Rp6 triliun untuk dana bansos di Provinsi Jawa Barat tahun ini. Mensos menjamin penyaluran dana bansos tidak akan
disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Menurutnya, salah satu wujud komitmen bersama itu ialah melakukan peninjauan langsung ke para penerima bantuan di daerah. Setelah melakukan peninjauan perdana di Kota Bogor, Mensos dan perwakilan DPR akan melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Cianjur dan Kota Bandung.

Idrus meminta agar keluarga penerima manfaat (KPM) betul-betul menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Terutama, untuk keperluan pendidikan anak-anak mereka.(fik/c)

Baca Juga