Beranda Politik

Tujuh Parpol Terancam tak Lolos ke Parlemen

BERBAGI
ilustrasi pemilihan partai politik

JAKARTA–RADAR BOGOR,Tujuh partai politik (parpol), terdiri dari lima parpol lama dan dua parpol baru peserta Pemilu 2019, terancam tak lolos ke parlemen. Berdasarkan survei Alvara Research Center dari 17 Januari hingga 7 Februari 2018, tingkat keterpilihan atau elektabilitas ketujuh partai masih di bawah ambang batas parlemen (parliamentary threshold) empat persen.

Mereka adalah Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, Partai Perindo, serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pendiri Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, ketujuh partai tersebut perlu kerja keras untuk meningkatkan elektabilitasnya, agar bisa lolos ke parlemen. ”Kerja keras perlu dilakukan oleh partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen,” kata Hasanuddin.

Survei Alvara Research Center menunjukkan elektabilitas Partai Nasdem hanya sebesar 1,6 persen. Elektabilitas Partai Nasdem masih di bawah PKS (2,6 persen), Perindo (2,6 persen) dan PAN (2 persen). Kemudian, berturut-turut setelah Partai Nasdem ada PPP (1,2 persen), PSI (0,7 persen), dan Partai Hanura (0,5 persen).

Sementara itu, lanjut Hasanuddin, elektabilitas tertinggi diraih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebesar 28,4 persen. Tingkat keterpilihan PDIP jauh meninggalkan dua parpol di peringkat kedua dan ketiga.

”Partai Gerindra 17,3 persen, Partai Demokrat 4,9 persen dan PKB sebesar 4,2 persen,” pungkas Hasanuddin.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka kepada 2.203 responden. Survei menggunakan metode sampling multistage random sampling dengan margin of error sebesar dua persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(aim/JPC)

Baca Juga