Beranda Pendidikan

Meriah, Pekan Kreativitas Siswa di SMANIC

BERBAGI
MEMBANGGAKAN: Juara Lokalida saat menerima piala dari Kepala SMAN 1 Ciampea Suryana. 

BOGOR–RADAR BOGOR,SMAN 1 Ciampea (Smanic) hadirkan kemeriahan dalam kegiatan Pekan Kreativitas Siswa yang rutin digelar setiap tahun. Diisi dengan kegiatan-kegiatan positif bagi siswa, baik di internal maupun eksternal SMAN 1 Ciampea.

Menurut Kepala SMAN 1 Ciampea Suryana, kegiatan ini dibuka pada Senin lalu (19/2) dan disambut antusias siswa. ”Kegiatan diawali dengan pembukaan dan technical meeting untuk sekolah-sekolah yang akan mengikuti pertan­dingan bola basket se-Bogor Raya yang juga termasuk dalam rangkaian Pekan Kreatifitas Siswa ini,” bebernya.

Suryana menyampaikan, pertandingan bola basket ini hanya akan digelar setiap Sabtu dan Minggu yang berakhir pada Mei mendatang untuk menen­tukan juaranya.

”Sabtu kemarin (24/2) merupakan kegiatan pembukaannya,” tuturnya.

Sebelumnya, Selasa (20/2), diadakan Edu Fair dengan mengundang para alumni Smanic yang saat ini sudah menginjak bangku kuliah. ”Jadi para alumni menginformasikan tentang tempat mereka berkuliah kepada adik-adik kelasnya yang saat ini di kelas 12 sehingga mampu memotivasi siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi,” kata Suryana.

Di hari berikutnya, Rabu (21/2), terdapat kegiatan sosialisasi dari Dinas Perhubungan yang disampaikan kepada siswa kelas 10 dan 11. Dilanjutkan pada Kamis (22/2) diadakan kegiatan pentas seni internal. ”Sehingga penampilan­nya dari siswa oleh siswa dan untuk siswa,” tambah Suryana.

Ia mengatakan, kegiatan pentas seni pada hari itu mengusung tema tentang keberagaman budaya Indonesia, sehingga setiap kelas menampilkan budaya yang berbeda, mulai dari baju adat, miniatur rumah adat, hingga makanan khas daerah.

”Jadi mereka menampilkan budaya dari provinsi yang berbeda sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya dari hasil undian. Semuanya kami lombakan, termasuk juga drama kaulinan barudak yang menampilkan permainan tradisional khas Sunda,” tuturnya.

Kemeriahan masih terus berlanjut. Jumat (23/2) siswa SMAN 1 Ciampea men­dengarkan siraman rohani dalam rangka merayakan Maulid Nabi sekaligus Isra Mikraj. ”Kami mengundang narasumber dari Pengawas PAI Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Barat Tubagus Jati,” tambah Suryana.

Menurutnya, masih banyak kegiatan lain yang akan digelar Smanic, termasuk Sabtu lalu (24/2) yakni Lomba Kepra­mukaan Lintas Desa (Lokalida). ”Kalau kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-9 Gerakan Pramuka di SMAN 1 Ciampea,” bebernya.

Ia mengatakan, lomba tersebut diikuti sebanyak 11 sekolah tingkat SMP dan 20 sekolah tingkat SMA. Suryana mengaku, melalui kegiatan-kegiatan tersebut, selain untuk memper­kenalkan SMAN 1 Ciampea kepada masyarakat umum, juga untuk menghindari siswa berbuat menyimpang.

”Sehingga diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, kata dia, panitia mengerahkan anggota ekstrakurikuler, OSIS, dan guru. ”Ini juga sekaligus mengajarkan siswa untuk berorganisasi dan bekerja sama menyelesaikan masalah,” kata Suryana.(cr1/c)

Baca Juga