Beranda Politik

Masih Ada Warga yang Minta Uang dan Sembako

BERBAGI
KOMPAK: Calon wali kota dan wakil wali kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata-Sugeng Teguh Santoso bersama tim pemenangan, kemarin (27/2). Sebelum bertemu tim pemenangan, dalam kegiatan kampanye kemarin, Dadang menemukan adanya warga yang meminta bantuan uang dan sembako.

BOGOR–RADAR BOGOR,Memasuki masa kempanye pekan kedua, calon wali kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata dibuat kaget dengan permintaan warga yang blak-blakan. Namun, kali ini sedikit berbeda. Sebab, permintaan warga bukan berupa bantuan pembangunan infrastruktur, melainkan bantuan uang tunai dan sembako.

”Dengan tegas saya jawab bahwa saya tidak akan menjanjikan dan memberi sembako atau uang kepada masyarakat! Aturan pilkada sudah mengatur larangan tersebut,” ujar Dadang di sela-sela kegiatannya menyapa warga Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, kemarin (27/2).

Menurutnya, pemberian uang kepada masyarakat sama saja merusak demokrasi di Indonesia. Selain terancam didiskualifikasi pasangan calon, secara aturan juga melanggar hukum. Sebab, baik yang memberi dan menerima dapat dipidanakan.

”Saya sampaikan itu dengan tegas di depan masyarakat RT 01/01, Kelurahan Harjasari, di depan panwas dan aparat kepolisian yang hadir,” terangnya.

Pemahaman tersebut, kata dia, perlu ditegaskan agar tidak ada kecurigaan.

”Karena saya tidak tahu juga maksud warga meminta secara terbuka seperti itu kepada saya. Apa dia tidak tahu aturannya atau bisa jadi jebakan yang bisa membuat saya didiskualifikasi kalau menyanggupinya,” tambah dia.

Calon nomor urut 4 ini menyatakan hal tersebut juga masuk kategori money politics. Dadang merasa miris kalau kegiatan bagi-bagi sembako tersebut masih ditunggu oleh sebagian masyarakat. Karenanya dalam setiap kegiatan kampanye, dia selalu menyelipkan pendidikan politik kepada warga.

”Saya lebih setuju jika warga berorientasi terhadap adu program dan gagasan masing-masing paslon. Sehingga masyarakat tidak dibiasakan pragmatis,” ucapnya.

Pada kegiatan kemarin, Dadang bersama wakilnya Sugeng Teguh Santoso juga mendeklarasikan Tim Solusi yang siap memenangkan pasangan Dadang Iskandar Danubrata-Sugeng Teguh Santoso menjadi wali kota dan wakil wali kota Bogor periode 2018-2023.(ded/c)

Baca Juga