Beranda Metropolis

Disdukcapil Geber GISA

BERBAGI
NELVI/RADAR BOGOR
LAYANAN: Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor saat melayani masyarakat kemarin (27/2). Saat ini Disdukcapil sedang gencar dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

BOGOR–RADAR BOGOR,Setelah mendapat pasokan blangko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor kini gencar dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil Kota Bogor, Mugi Lastono, menjelaskan bahwa GISA merupakan slogan baru yang kini mulai digaungkan.

“Supaya masyarakatnya sadar terhadap pentingnya dokumen administrasi kependudukan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (26/2).

Melalui GISA, Disdukcapil Kota Bogor ingin mengam­panyekan betapa pentingnya memiliki administrasi kependudukan seperti KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan lain-lain. Sebab, dengan memiliki beberapa surat tersebut baru bisa memperoleh BPJS, buku rekening, dan lain-lain. “Itu dimulai dari administrasi kependudukan yang rapi,” ujarnya.

Tak sekadar slogan, Mugi mengatakan bahwa Pemkot Bogor juga siap melayani semangat GISA untuk masya­rakat Kota Bogor. “Diawali dari peran tingkat kelurahan. Bahkan di tingkat RT ada beberapa RT percontohan. Contoh sebagai yang tertib administrasi,” kata Mugi.

Menurutnya, Disdukcapil juga sudah menyediakan beberapa pelayanan di tempat lain, seperti mal, bahkan jemput bola langsung ke masyarakat dengan mobil keliling.

“Setiap permohonan administrasi kependudukan diharapkan para petugas menunjukkan dangan cermat dan lengkap,” tukasnya.(fik/c/abe)

Komentar Anda

Baca Juga