Beranda Pendidikan

SDIT Ummul Quro Gelar Kulintang Mantap

BERBAGI
KENALKAN BUDAYA NUSANTARA: Para siswa SDIT Ummul Quro mengenakan pakaian adat dalam penampilannya di pentas kebudayaan.

BOGOR–RADAR BOGOR,SDIT Ummul Quro seringkali melakukan pembelajaran lintas kuri­kulum (PLK) dengan tujuan memberikan pelajaran kepada siswanya dengan cara-cara yang menarik, tidak hanya diam di kelas mendengarkan materi yang disampaikan guru. Karena itu, Jumat lalu (23/2), SDIT Ummul Quro menggelar kegiatan ‘Kulintang Mantap’ yang merupakan singkatan dari Kebudayaan Nusantara Luas Terbentang Mari Kita Nikmati dan Pelajari.

Penanggung jawab kegiatan, Sri Cahyaningsih mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswanya kepada budaya-budaya yang ada di Indonesia khusus untuk siswa kelas 1 SDIT Ummul Quro yang berjumlah 120 anak. Mereka menampilkan budaya yang berbeda-beda setiap kelasnya, melalui tampilan seni dan juga baju adat.

”Jadi, kelas A menampilkan budaya Sunda dan Betawi, lalu kelas B menampilkan budaya Sumatera, sedang­kan kelas C menampilkan budaya dari daerah Jawa dan kelas D menampilkan budaya di daerah Sulawesi, Kalimantan, dan Papua,” kata Sri.

Dengan begitu, menurut Sri, anak-anak tidak hanya membaca dari buku, tapi juga bisa merasakan secara langsung beragamnya kebudayaan di Indonesia.

”Untuk itu, kami tambahkan kegiatan lainnya yaitu Tour Of Class. Jadi masing-masing kelas dihias. Nah, kelas A menampilkan suvenir atau buah tangan dari Sabang sampai Merauke, kelas B menampilkan power point tentang kebinekaan Indonesia, kelas C juga makanan khas di masing-masing daerah di Indonesia, kelas D menampilkan baju-baju adat yang ada di Indonesia,” katanya.

Pada hari itu, seluruh siswa kelas 1 SDIT Ummul Quro terlihat sangat senang dan antusias menjalani setiap kegiatan. Orang tua siswa pun turut serta hadir memeriahkan kegiatan ‘Kulintang Mantap’ yang rutin digelar setiap tahun ini.(cr1/c)

Komentar Anda