Beranda Berita Utama

Longsor Ancam Rumah Warga di Katulampa

BERBAGI
LONGSOR: Penampakan longsor di Katulampa (dok.Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Longsor kembali terjadi di Kota Hujan. Tadi malam, tebingan di sekitar sekolah alam di Kampung Dam, Kelurahan Katulampa RT 01/14, menumbangkan sejumlah pohon-pohon hingga menghalangi aliran air sungai di bawah tebing.

”Kejadiannya sekitar pukul 16.40 kemarin. Hujan lebat membuat tebing setinggi 20 meter longsor,’’ ujar koor­dinator SUP Ciliwung, Andi Sudirman, kepada Radar Bogor.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi, kata Andi, khawatir potensi longsor susulan sangat dimungkinkan terjadi. ”Kalau longsor terjadi lagi, ada tiga rumah di sekitar area longsor yang terancam,’’ kata dia.

Andi melanjutkan, penanganan sementara hanya berupa pembersihan pohon yang meng­halangi saluran air di bawah. Pasalnya, jika pohon yang roboh dibiarkan begitu saja, khawatir akan menghalangi jalan air sehingga ada luapan di sisi sungai yang nantinya akan mengikis sepadan di sekitarnya.

”Pihak yang ikut membantu sementara ini hanya inisiatif warga setempat dibantu oleh beberapa rekan dari BPBD, Sakti, dan Komunitas Peduli Ciliwung. Pembersihan belum semuanya selesai karena kondisi cuaca hujan dan malam hari. Insyaallah besok akan kami lanjutkan pembersihan kembali agar pohon yang menghalangi jalan air bisa segera diangkat,’’ pungkasnya.(cr3/c)

Baca Juga