25 radar bogor

Seperti Kolam Ikan kalau Hujan

RUSAK PARAH: Kondisi jalan masuk menuju Pasar Leuwiliang rusak parah,kemarin.

LEUWILIANG–RADAR BOGOR, Pedagang dan masyarakat dibuat ke­sal dengan akses jalan masuk Pa­sar Leuwiliang yang ru­sak parah. Ironisnya, belasan ta­hun kondisi itu seolah dibiar­kan berlarut-larut dan tak kunjung diperbaiki.

Kepala Desa Leuwiliang R.Yanto Suyanto pun mem­benarkannya. Padahal, kata dia, Jalan lingkar Pasar Leu­­wiliang sepanjang 300 meter dengan lebar 6 meter itu, perbaikannya selalu di­usulkan setiap tahun. Baik dalam musrenbangdes mau­pun dimasukkan  di rencana pem­bangunan jangka me­nengah desa (RPJMDes).

”Kondisi jalan tersebut jika turun hujan, berubah seperti kolam ikan. Padahal sangat vital karena salah satu fasilitas warga, terutama untuk ke pasar,” ujarnya.
Menurut Yanto, pemerintah maupun pihak terkait belum ada pembahasan yang menjurus kepada perbaikan jalan. Alhasil, banyak warga yang mengeluh.

”Sejauh ini belum ada kabar kapan jalan itu akan diperbaiki, Mudah-mudahan yang berwe­nang bisa segera bergerak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pasar  Leuwiliang Wawan me­nuturkan, akses jalan masuk pasar tersebut bukan wewe­nang pihaknya. Tapi Dinas Peker­jaan Umum dan Pena­taan Ruang (PUPR) Kabupa­ten Bogor. ”Kami juga meng­harapkan akses jalan untuk segera dibangun, karena seca­ra otomatis meningkatkan dan mendukung keramaian pa­sar,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha PUPR Wilayah Leuwiliang, Nur Ajijah menga­takan, perencanaan pemba­ngunan akses Jalan Pasar Leuwiliang direncanakan ta­hun ini. ”Anggaran yang disiap­kan sebesar Rp164 miliar. Tinggal menunggu pelaksa­naan pekerjaannya saja,” ucapnya. (ran/c)