25 radar bogor

Putri Habibie, Founder LadyBake Cooking Class

Foto-foto : Putri Habibie for Radar Bogor COOKING CLASS: Putri Habibie bersama anak-anak yang menjadi peserta memasak dalam acara Yuk Bikin Keju di House Hotel Sangkuriang Bandung, pekan lalu.

Punya kemampuan memasak sejak dini, terbukti dapat memengaruhi kesehatan jangka panjang seseorang. Dengan memiliki keterampilan memasak, seorang anak pun dapat lebih bijak memilih makanan dan jajanan yang mereka konsumsi.

Demikian keyakinan Putri Habibie, seorang passionate homecook yang datang ke Kota Bandung memberikan ilmu memasak kepada anak-anak berusia 4 hingga 13 tahun. Putri percaya bahwa kemampuan memasak sejak dini terbukti dapat berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang seseorang.

Sehingga, hal ini sangat penting ditanamkan sejak dini untuk proses perkembangan seorang anak. ”Dengan memiliki keterampilan memasak, anak bisa lebih bijak memilih makanan dan jajanan yang mereka konsumsi.

Jika mereka dari kecil sudah mengerti makanan yang baik dan buruk, pastinya itu akan berdampak pada pola konsumsi mereka di masa depan. Jadi bagus sekali jika anak-anak itu suka memasak,” kata Putri.

Berlokasi di House Hotel Sangkuriang Bandung, Putri Habibie -yang juga merupakan founder LadyBake Cooking Class- mengadakan cooking class membuat keju Ricotta dengan bahan dasar susu Hometown Dairy bersama 36 anak di Kota Bandung, yang didampingi orang tua mereka masing-masing.

Dalam pembuatan keju, anak-anak melakukan proses pemerasan dadih (yogurt tradisional) susu menjadi gumpalan keju yang merupakan dasar pembentukan keju.

”Selain bisa memperkaya kemampuan me­masak mereka, ternyata juga dapat melatih motorik dan multisensory si anak tersebut. Juga, dapat menyeim­­bangkan kemampuan berpikir otak kiri dan kanan, di mana EQ dan IQ juga dapat terasah melalui kegiatan seperti ini,” tambah Putri.

Setelah membuat keju, anak-anak juga diajari membuat sandwich yang di dalamnya dimasukkan olesan keju yang sudah dibuat anak-anak. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi para ibu yang turut mendampingi putra-putrinya untuk memberikan menu sarapan yang bergizi dan alami.

Dalam kegiatan’Yuk Bikin Keju’ kali ini, Putri juga melakukan demo yang diperuntukkan orang tua yang hadir mengenai cara membuat keju dari susu. ”Bagi aku, sebelum mengajak anak-anak belajar memasak, aku juga harus bisa membangun kesadaran para orang tua untuk jangan pernah malas mengajari anaknya memasak di rumah dan pentingnya menanamkan keterampilan ini. Karena, efeknya itu sangat luar biasa untuk anak ke depannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, bulan depan dirinya akan membuat kegiatan mengajar masakan dari bahan herbal untuk para orang tua yang lokasinya di Kota Bandung juga. Putri juga giat menjadi pembicara talkshow bertema ‘Home Cooking’ di ber­bagai sekolah, universitas dan bebe­rapa area pusat perbelanjaan.

Putri memiliki keyakinan bahwa ketika seseorang belajar memasak, ilmu yang mereka dapatkan tidak hanya memberikan kebaikan untuk dirinya sendiri, namun juga untuk orang sekitarnya.

Putri tidak pernah menganggap dirinya sebagai seorang chef sejak awal, melainkan pengajar yang ingin membawa sebuah perubahan, baik dalam hal makanan dan gizi kepada Indonesia.(pia)