25 radar bogor

Festival Marawis Kenalkan Seni Islam

Festival Marawis Kenalkan Seni Islam
MEMUKAU: Salah satu grup marawis yang terdiri dari anak-anak, menyita perhatian para peserta dan penonton Festival Marawis SDIT Al-Ummah, Jumat (16/2).

CIGOMBONG–RADAR BOGOR,Dua belas grup marawis tingkat SD/MI se-Kecamatan Cigombong tam­pil memukau di Festival Marawis SDIT Al-Ummah, Jumat (16/2). Mereka saling berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Festival ini tidak hanya diikuti sejumlah sekolah dari Keca­matan Cigombong, tapi juga dari Kabupaten Sukabumi. Me­nurut Ketua Yayasan Ishlahul Ummah, Dadeng Wahyudi, festival bertema ‘Semarak Seni Islami, Melejitkan Potensi, Mem­pererat Ukhuwah Siswa/i SD/MI se-Kecamatan Cigom­bong’ ini pertama kalinya diada­kan untuk umum.

” Tahun ini kami mengajak sekolah lain untuk ikut ambil bagian,” katanya.

Menurutnya, festival ini meru­pakan media untuk memper­kenalkan seni Islami kepada anak-anak usia dini.

”Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa kecintaan anak-anak kepada seni Islam. Sekaligus upaya untuk mencegah hal-hal yang bisa merusak umat, dan ini (marawis) adalah alternatif seni dan budaya yang ada di Indonesia,” terang mantan anggota DPRD Kabupaten Bogor ini.

Pria yang kini konsen di dunia pendidikan ini juga berharap, festival marawis seperti ini bisa mengajak masyarakat luas ikut melestarikannya. Bahkan, kegiatan seperti ini bisa me­ning­katkan ukhuwah islamiyah, dan menga­jarkan siswa menjamu tamu.

” Siswa nantinya tahu harus seperti apa menjamu tamu yang datang ke sekolah. Dan ini bagian dari pembelajaran juga,” imbuh Dadeng yang membawahi dua sekolah lainnya, yakni Ishlahul Ummah Leuwiliang dan Al Ishlah Jasinga.(*/dkw)