25 radar bogor

Muspika Antar Sebelas ODGJ dengan Bus

galuh/radar bogor BUKAN PIKNIK: Muspika bersama Tim Satgas ODGJ Dinas Sosial Kabupaten Bogor siap berangkat mengantarkan para pasien ke RSJ Marzuki Mahdi, Bogor.
Galuh/Radar Bogor
BUKAN PIKNIK: Muspika bersama Tim Satgas ODGJ Dinas Sosial Kabupaten Bogor siap berangkat mengantarkan para pasien ke RSJ Marzuki Mahdi, Bogor.

CITEUREUP–RADAR BOGOR,Muspika Citeureup bersama Tim Satgas ODGJ Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor dan Tim Reaksi Cepat ODGJ Kabupaten Bogor berhasil mengeva­kuasi 11 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Kamis (15/2). Tak tanggung, tim kemanusiaan ini pun menyiapkan satu unit bus untuk mengantar ODGJ ke Rumah Sakit Marzuki Mahdi.

Kapolsek Citeureup Kompol Darwan Hasan mengatakan, mengantar para pasien ODGJ meng­gunakan satu unit bus dilakukan dengan pendekatan humanis dari sisi kemanusiaan. Sebab, bagai­manapun kondisi mere­ka tetap orang yang perlu men­dapat per­hatian.

”Kami gunakan bus agar orang tahu bahwa polisi tetap memanusiakan mereka meski kondisinya memprihatinkan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (16/2).

Mereka yang dievakuasi, lanjutnya, terdiri atas lima orang yang biasa berada di jalan-jalan dan enam orang yang berada di rumah. Namun jika berdasarkan data yang dimiliki para Bhabinkamtibmas Polsek Citeureup terdapat 25 ODGJ.

Akan tetapi sebagian di antaranya sudah dalam perawatan keluarga dan rutin berobat ke RSJ Marzuki Mahdi. ”Alhamdulillah pihak keluarga mengikhlaskan, kan untuk disembuhkan bahkan ada yang diantar dengan pihak keluarga ke Polsek Citeureup. Mereka yang berada di jalan-jalan juga sebelumnya telah kami data,” tuturnya.

Untuk teknis pelaksanaan, sam­bungnya, para ODGJ dijemput oleh Bhabinkamtibmas bersama Tim ODGJ dari Kabupaten Bogor. Selanjutnya, ODGJ diantar ke Polsek Citeureup untuk diantar ke RSJ Marzuki Mahdi Kota Bogor.

”Mereka sudah kami antar sekitar pukul 13.00 WIB, bahkan pihak RSJ Mar­zuki Mahdi kaget karena ODGJ dari Citeureup diantar degan bus yang bagus, didampingi Satgas ODGJ, Tim Reaksi Cepat ODGJ, dan Bhabin­kamtibmas tiap desa di wilayah Citeureup,” pungkasnya.(rp2/c)