25 radar bogor

Hari Ini Peluncuran Aplikasi Iconic

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bekasi akan meluncurkan aplikasi Android bernama Bekasi Iconic hari ini, Rabu (14/2). Peluncuran berlangsung di Taman Rusa, Kompleks Pemkot Bekasi, Bekasi Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bekasi Titi Masrifahati menjelas­kan, Bekasi Iconic merupakan satu aplikasi yang memuat 48 aplikasi, meliputi aplikasi pengaduan, pencarian, pelayanan dan lainnya.

”Ada juga untuk permintaan bantuan, misal nomor 119 dan lain-lain. Fiturnya ada 48 dijadikan dalam satu genggaman sehingga tidak perlu download tiap aplikasi, cukup Bekasi Iconic,” jelas Titi kepada gobekasi.co.id (Radar Bogor Grup).

Selain itu, pada aplikasi itu terdapat tombol pusat telepon 1500-44 dan tombol untuk pelaporan yang terkoneksi dengan pemadam kebakaran dan kepolisian.
”Juga ada tombol untuk mencari berita tentang Kota Bekasi, penga­duan warga, informasi Mal Pelaya­nan Publik (MPP). Untuk informasi MPP akan dikemba­ngkan untuk pendaftaran online,” ujarnya.

Menurut Titi, berdasarkan apli­kasi pengaduan sebelumnya, 99 persen langsung direspons SKPD terkait. Sistem online ini mem­permudah penerusan aduan ke SKPD terkait yang masing-masing punya Unit Reaksi Cepat (URC).

Bekasi Iconic juga terakses e-pasar, e-magazine dan e-book, bahkan lewat aplikasi itu dapat melihat ketersediaan kasur di rumah sakit. Ada juga informasi lowo­ngan kerja, layanan kependu­dukan, produk hukum dan informasi tentang event.

”Event yang digagas pemda atau swasta akan terpampang di situ. Jadi bisa dilihat orang kota lain yang pengin ke Bekasi bisa disesu­aikan waktunya,” katanya.
”Masyarakat juga bisa mela­por­kan saat punya event yang skalanya cukup bagus dan menarik. Dari pihak kami ada admin untuk mem­verifikasi apa layak muat atau tidak, ada kepastian event tepat waktu atau tidak,” sambungnya.

Lanjut Titi, Bekasi Iconic hadir untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi atau pelayanan. Selain itu ia berharap tren manual masyarakat dapat beralih ke digital.(poj)