25 radar bogor

Smart Home Jadi Incaran

Foto: istimewa ILUSTRASI: Salah satu maket hunian smart home.
Foto: istimewa
ILUSTRASI: Salah satu maket hunian smart home.

BOGOR–RADAR BOGOR, Tingginya aktivitas penggunaan teknologi di ka­langan masyarakat, tampak­nya, ditangkap sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan oleh pengem­bang. Makanya, tak heran saat ini banyak pe­ngem­bang yang meluncur­kan berbagai produk berbasis tek­­nologi atau biasa yang di­sebut dengan smart home.

Smart home sendiri adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang dapat mem­berikan segala kenya­manan, keselamatan, keamanan atau penghematan energi yang berlangsung secara otomatis pada sebuah hunian.

Beberapa hunian dengan konsep ini pun kini mulai diluncurkan oleh pengem­bang, contohnya seperti apar­te­men Podomoro City Deli Me­dan yang menawarkan fasilitas aplikasi yang dapat digunakan untuk mematikan atau menghi­dupkan lampu, AC ataupun listrik dengan hanya sekali sentuhan pada smartphone.

Begitu juga dengan apar­te­men Borneo Bay City yang menyediakan fasilitas sensor keran di kamar mandi, yang dapat membuat penghuninya meng­hemat air. “Konsep hu­nian smart home, saat ini me­mang sedang banyak di­in­car, karena konsep ini mena­war­kan kemudahan pada peng­­hu­ninya,” ujar Edwin Alqurmani Pamungkas, asisten Marketing Manager Kalindo Land yang juga pengembang perumahan Villa Bogor Indah.

Villa Bogor Indah sendiri memberikan fasilitas mena­rik bagi penghuninya. Contoh­nya, CCTV di setiap unit ru­mah yang dapat diakses dari smartphone serta jaringan internet su­per-cepat dengan biaya gratis se­la­ma setahun.

Edwin mengatakan, konsep smart home dinilai cukup ampuh untuk menjaring pembeli, terutama bagi mereka pasangan muda yang memang sangat tergantung dengan smartphone. Makanya, tak heran mayoritas pembeli unit rumah pada produknya tersebut didominasi oleh para profesional muda. Satu unit rumah di Villa Bogor Indah saat ini dijual mulai dari Rp400 jutaan.(*/ami)