Beranda Pendidikan

Lanud ATS Ajak Mahasiswa Bela Negara

LEADERSHIP: Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko saat memberi kuliah umum di hadapan mahasiswa.

BOGOR-Di hadapan ratusan mahasiswa Farmasi Universitas Pakuan Bogor, Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko memberikan kuliah umum tentang bela negara dan leadership di aula Universitas Pakuan Bogor, Senin (29/1). Pemberian materi kuliah tersebut dilaksanakan dalam kegiatan Parmachy Leadership and Organization Training (PLOT) yang diikuti ratusan mahasiswa Farmasi Universitas Pakuan Bogor.

Ketika menyampaikan materi, Bambang menyampaikan pentingnya pendidikan bela negara bagi setiap warga negara Indonesia. ”Pendidikan bela negara wajib diberikan dan dipahami oleh seluruh warga negara Indonesia, apalagi yang berasal dari lingkungan pendidikan,” jelasnya.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa pelatihan bela negara dan leadership ini bertujuan untuk membentuk sikap kepemim­pinan, melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab para mahasiswa.

”Selain itu untuk memupuk dan memperkokoh rasa cinta tanah air, dan mewujudkan jiwa korsa agar dapat memberi manfaat baik untuk mahasiswanya sendiri, lingkungan masyarakat di mana mahasiswa itu berada maupun bagi bangsa dan negara,” ungkap Bambang, disambut semangat dan antusias mahasiswa.

Menurutnya, dengan memiliki kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang baik, diharapkan para mahasiswa Farmasi dapat belajar secara maksimal untuk mempers­iapkan diri menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang andal. ”Dan tidak mudah tergoda dengan sifat dan tindakan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mempunyai tujuan untuk merugikan bangsa dan negara,” tambahnya.

Materi yang disampaikan Danwing 4 Lanud ATS saat itu juga sangat tepat dan sejalan dengan tema kegiatan, yaitu ”Membentuk Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Farmasi yang Berlandaskan Asas Ketuhanan Yang Maha Esa untuk Meningkatkan Rasa Nasionalisme serta Tanggung Jawab Berdasarkan Nilai dan Norma dalam Bermasyarakat”.

Ia pun membawakan materi dengan lugas, santai dan terkadang diselingi humor saat pemberian motivasi juang. Sehingga, peserta pun sangat antusias. Hal tersebut tampak dari begitu banyaknya respons yang diberikan mahasiswa pada sesi tanya jawab.

Saat diwawancarai awak media, ia juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan PLOT. ”Bagi saya, kegiatan ini sangat bermanfaat. Selain memberikan pengetahuan, juga untuk menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dan bela negara kepada generasi muda sejak dini,” ungkapnya.

Bambang mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini, mampu menciptakan generasi-generasi yang memiliki leadership baik. ”Serta mempunyai rasa cinta kepada tanah air dan selalu siap membela negara ini bila ada pihak-pihak yang ingin menguasai atau memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ini,” terangnya.(cr1/c)

Baca Juga