Beranda Olahraga All Sport

Guardiola Habiskan Rp7,9 Triliun

BERBAGI
MAHAL: Aymeric Laporte jadi rekrutan ternanyar Manchester City dibawah asuhan Pep Guardiola
MANCHESTER–Sejak kedatangannya di Etihad Stadium 18 bulan lalu, Pep Guardiola sudah menghabiskan 526 juta euro atau setara dengan Rp7,9 triliun untuk belanja pemain. Ironisnya, The Citizen belum meraih gelar apa pun di bawah kendali Pep.
Guardiola memang doyan belanja pemain bintang sejak menjabat sebagai manajer Manchester City. Deretan pemain bintang dari Eropa maupun Amerika Latin didatangkan untuk jadi penggawa The Citizen.
Terbaru, dikutip dari laman AS, Man City merekrut Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao senilai 57 juta pound atau setara dengan Rp1 triliun. Kehadiran bek 23 tahun berkebangsaan Prancis ini tentu saja menambah daftar pemain mahal khususnya di barisan pertahanan City. Dikutip dari Squawka, Manchester City akan meresmikan perekrutan Laporte, Selasa (30/1) waktu setempat.
Pemain yang beroperasi pada posisi bek tengah itu dipastikan akan menjadi pemain termahal Manchester City sepanjang sejarah. Ia juga menjadi bek termahal kedua di dunia setelah Virgil van Dijk (75 juta pound) yang direkrut Liverpool dari Southampton awal Januari 2018.
Laporte sudah menjalani tes medis di klub sekota Manchester United itu dan pemain 23 tahun asal Prancis ini sudah siap menjalani tantangan baru, berkarier di Premier League.
Selain pihak Athletic, Laporte juga sudah mengucapkan salam perpisahan kepada para fans Bilbao. Ia mengaku tidak akan melupakan klub unik yang telah membesarkan namanya itu.
Sementara, pada musim panas 2017, Man City merekrut sejumlah pemain dengan harga selangit. Total 247 juta euro dihabiskan kala itu dan fokus memperkuat lini belakang.
Mendy direkrut dari AS Monaco seharga 57 juta euro untuk memperkuat pos bek kiri. Tapi sang bintang anyar menderita cedera sejak September lalu. Pemain 23 tahun itu baru bermain lima laga bersama City.
Selain itu, City juga merogoh kocek hingga 51 juta euro untuk merekrut Kyle Walker (Spurs) dan 30 juta euro untuk mendapatkan Danilo (Real Madrid).
Saat bersamaan, Man City juga merekrut beberapa pemain bintang lain seperti Bernardo Silva (50 juta euro), Ederson (40 juta euro), Douglas Luiz (12 juta euro), Kayode (4 juta euro) dan Ilic (2,5 juta euro).
Khusus untuk musim ini saja, Man City total sudah menghabiskan 313 juta euro atau setara dengan Rp4,6 triliun. Sayangnya belanja besar-besaran yang dilakukan Pep belum membuahkan hasil positif dalam hal raihan gelar. Musim lalu, City nirgelar.
Meski demikian, musim ini harapan bagi fans Man City untuk merasakan gelar juara terbuka lebar. Setidaknya City berada di jalur yang benar pada empat kompetisi yang diikuti musim ini.(ps/net/dkw)

Komentar Anda

Baca Juga