Beranda Berita Utama

Gerhana Bulan Picu Gempa

Foto : Toni Suhartono/Indopos
Persiapan Gerhana Bulan : Sejumlah petugas sedang memeriksa peralatan teleskop di Taman Ismail Marzuki Jakarta, kemarin.

BOGOR–Fenomena gerhana bulan total nanti malam, selain langka juga dibumbui dengan kabar akan terjadinya gempa bumi. Kepala Lembaga Pener­bangan dan Antariksa Nasional (La­pan) Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa gerhana dan purnama berpotensi se­bagai pemicu gempa. ’’Bukan se­bagai penyebab gempa,’’ kata­nya, kemarin (30/1).

Thomas mengatakan, sampai saat ini tidak ada satu pun metode yang mampu mem­prediksi kapan terjadi gempa dan lokasinya di mana.

’’Kalau ada yang mengaitkan (gempa, red) dengan gerhana, memang punya potensi sebagai pemicu,’’ tutur guru besar riset di bidang astronomi itu.

Dia menuturkan, gerhana dan purnama dapat memicu pelepasan energi pergeseran lempeng bumi. Pada saat terjadi gempa yang memicu terjadinya tsunami di Aceh 2004 lalu, juga tidak jauh-jauh dengan adanya fenomena bulan purnama.

Thomas menerangkan, ketika purnama dan gerhana bulan terjadi dalam waktu bersamaan, saat itulah terjadi puncak pasang air laut. Daya grativitasi bulan saat terjadi purnama dan gerhana bulan jauh lebih besar dibandingkan purnama biasanya. Selengkapnya baca di Epaper Radar Bogor hari ini

 

Baca Juga