Beranda Metropolis

Benahi Wajah Pasar Sehat

Doni/Radar Bogor
BENAHI PASAR: PD Pasar Pakuan Jaya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor membenahi wajah pasar.

BOGOR–Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor terus membenahi wajah pasar sehat. Menggaet Dinas Kesehatan Kota Bogor, pihaknya melakukan penyuluhan pasar sehat untuk para pedagang dan warga pasar.

Kepala Sub Bagian Jasa Pem­be­r­dayaan Pedagang PDPPJ, Guna Gustana meng­atakan, tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pasar sehat. “Pasar sehat adalah terdapatnya bangunan, pengelola, perilaku, dan kondisi lingkungan yang sehat,” ujarnya.

Pasar sehat, lanjut dia, tecer­min dari kondisi bahan pangan makanan yang sehat, halal, dan bergizi. Juga, kondisi pasar yang bersih, aman, dan nyaman. PDPPJ pun memas­tikan bahan pangan yang dijual tidak tercemar kotoran, juga terhindar dari endapan lalat saat penya­jian. “Tidak mengan­dung zat-zat kimia berbahaya, serta tidak menjual makanan yang sudah kedaluwarsa,” tuturnya.

Selain itu, menurut dia, pasar sehat mendatangkan banyak manfaat positif. Mulai dari pelayanan pedagang yang lebih berkualitas, juga menyajikan bahan makanan yang bergizi dan sehat.

“Terutama, penjualan lebih ekonomis, menciptakan lingku­ngan lebih sehat, bersih, dan nya­man, juga membuka pasar yang lebih luas,” imbuh­nya. Penyu­luhan, kata Guna, dilak­sanakan di enam pasar berbeda dalam satu pekan ini.

Sementara itu, Kepala Unit Pasar Jambu Dua, Andrian Hikma­tullah berharap ke depannya Pasar Jambu Dua lebih baik dan lebih tertata. “Seperti tempat cuci tangan di setiap sudut dan setiap pedagang ayam harus sudah memakai celemek dan tidak memakai talenan kayu,” jelasnya.(don/c)

Baca Juga