25 radar bogor

SMA Kosgoro Giatkan Jumat Bersih

PEDULI LINGKUNGAN: Para siswa antusias ikut Jumat Bersih.
PEDULI LINGKUNGAN: Para siswa antusias ikut Jumat Bersih.

BOGOR–Kepedulian SMA Kosgoro terhadap kelestarian lingkungan yang indah, bersih, dan nyaman ditunjukkan pada aksi Jumat Bersih (26/1). Kegiatan itu diikuti sekitar 100 siswa yang bersih-bersih sepanjang Jalan Raya Pajajaran mulai dari lampu merah halte Bantarjati 2 sampai depan SMK Pembangunan.

Penanggung jawab kegiatan, Senthot Rudi Handono yang juga Ketua Adiwiyata SMA Kosgoro menjelaskan, kegiatan ini merupakan program sekolah sebagai sekolah Adiwiyata. Prinsip dasar program Adiwiyata itu ada dua, yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Kegiatan dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

”Dari seratus siswa yang terlibat, dibagi menjadi beberapa kelompok yang sudah dipandu oleh OSIS dan MPK, termasuk dalam pelaksanaannya.Harapan kami semoga anak-anak ini mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” tambah Senthot.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menambahkan, kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor pendorong siswa lebih bersemangat dalam proses belajar.

“Saya berharap status SMA Kosgoro sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Barat harus ditingkatkat ke tingkat Adiwiyata Nasional bahkan Adiwiyata Mandiri. Dan itu semua kuncinya adalah dipartisipasi seluruh warga sekolah terlibat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” kata Tri.

Kegiatan aksi kebersihan lingkungan ini disambut baik oleh para siswa. Seperti disampaikan Ketua OSIS Yudistira Basari yang mengoordinir kegiatan.(cr1/c)