Beranda Metropolis

Jalur R3 Terancam Ditutup

BERBAGI
Nelvi\Radar Bogor
TAGIH JANJI: Sebuah plang bertuliskan “Jalan Ini Akan Kami Tutup” terpampang di Jalur Regional Ring Road (R3).

BOGOR-Jalur Regional Ring Road (R3) di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor bakal ditutup. Hal tersebut menyusul plang berisikan tulisan bahwa tak lama lagi jalan R3 akan ditutup. Seperti diketahui, pengerjaan R3 ini nyaris rampung.

Sekarang pun sudah mulai dimanfaatkan untuk mengurai beban kendaraan di Jalan Raya Pajajaran. Namun, tulisan ”Pengumuman: Kepada Pengguna Jalan R3 Mohon Maaf Dalam Waktu Dekat, Jalan Akan Kami Tutup. Karena Pihak Pemda Kota Bogor Belum Menyelesaikan Ganti Rugi Kepada Pemilik Tanah” seolah menjadi hambatan.

Camat Bogor Timur, Adi Novan membenarkan bahwa lahan jalan tersebut sudah lama bermasalah. Masalahnya, menurut Adi, terkait pembebasan lahan yang sudah dikonsinyasi Pemkot Bogor pada Pengadilan Negeri (PN) Kota Bogor.

“Uang pembebasannya sudah dititipkan di pengadilan, dalam bentuk konsinyasi karena untuk kepentingan umum,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (29/1).

Adi mengatakan bahwa proses yang sempat berangsur lama di PN sudah selesai. Hanya, ada sedikit persoalan yang membuat pengambilan dananya terhambat. Untuk persoalan itu, ia selaku pejabat Pemkot Bogor akan berupaya untuk menyelesaikannya.

Di samping itu, Adi sudah berkomunikasi dengan pemilik lahan agar tidak benar-benar menutup jalan. “Kemarin saya sudah coba berkomunikasi dengan pemilik lahan, dan dia hanya ingin mengingatkan pemda agar segera menyelesaikan kewajibannya,” terang Adi.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota dan Koramil Bogor Timur untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Intinya, saya minta (plang) dicabut. Masih dalam upaya mempersuasi,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor, Ahmad Aswandi berharap, Pemkot Bogor bisa segera menyelesaikan perkara itu. Ia khawatir, jika tidak segera diselesaikan akan terjadi penumpukan kendaraan lantaran jalan R3 ditutup.(fik/c)

Komentar Anda

Baca Juga