25 radar bogor

Ganas! Barca Cetak Dua Rekor

CETAK REKOR: Lionel Messi dan Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke kandang Alaves.
CETAK REKOR: Lionel Messi dan Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke kandang Alaves.

CATALUNYA–Luis Suarez dan Lionel Messi sama-sama mengukir rekor saat Barcelona menundukkan Alaves dengan skor 2-1, kemarin (29/1) dini hari WIB. Kemenangan itu diraih Blaugrana dengan susah payah lantaran sempat tertinggal lebih dahulu sejak menit 23.

Alaves mampu tampil lepas meski bermain di Camp Nou. Tim asuhan Abelardo itu tak gentar di bawah tekanan puluhan ribu pendukung Barcelona. Bahkan, pada menit 23, mereka mampu unggul lebih dahulu lewat gol John Guidetti usai menerima umpan jauh dari Ibai.

Gol Guidetti menjadi satu-satunya di babak pertama. Meski Barcelona mengurung pertahanan Alaves, mereka tak mampu menyamakan kedudukan. Kiper Alaves, Pacheco, tampil apik dan pertahanan mereka juga disiplin. Skor 1-0 untuk keunggulan Alaves bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Blaugrana terus memborbardir gawang Alaves. Namun, serangan bertubi-tubi selalu kandas. Sampai menit 70, Barcelona masih tertinggal 0-1.
Gol yang ditunggu publik Camp Nou akhirnya datang. Luis Suarez menjebol gawang Alaves pada menit 72 usai memanfaatkan umpan dari Andres Iniesta. Bagi Suarez, dalam delapan laga terakhir secara beruntun di La Liga, dia selalu mencetak gol. Dalam kurun waktu itu, dia mengoleksi 11 gol.

Suarez menjadi pemain pertama di lima liga besar Eropa musim ini yang mam­pu selalu mencetak gol dalam delapan pertan­dingan liga secara beruntun. Hany saja, gol ini sempat menimbulkan konto­versi karena bola tendangan Suarez terli­hat mengenai tangan Gerard Pique sebelum masuk ke gawang Alaves.

”Kadang kami menyaksikan bola melewati garis gawang namun tidak disahkan dan hal-hal seperti ini memang kadang terjadi. Saya percaya handball Pique tersebut tidak disengaja,” kata Valverde seperti dilansir Marca.

Barcelona akhirnya mengunci keme­nangan setelah Messi membobol gawang Alaves pada menit 84 lewat tendangan bebas. Blaugrana pun unggul 2-1. Messi tercatat mencetak 21 gol lewat tendangan bebas langsung di La Liga dan membu­atnya paling sering melakukannya.

Kemenangan tersebut juga membuat Barce­lona mengukir rekor apik. Mereka tak terkalahkan dalam 21 laga beruntun di La Liga. Jumlah ini menyamai penca­paian di era Josep Guardiola pada 2009 silam.

Barcelona sendiri musim ini meraih 18 kemenangan dan tiga seri. Di era Guar­diola 17 kemena­ngan dan empat seri. Artinya, penca­paian Ernesto Valverde sejauh ini lebih baik dari Guardiola. Kemenangan itu membuat Blaugrana semakin kokoh di puncak klasemen dan seolah sendirian. Mereka mengumpulkan 57 angka dan unggul 11 poin dari Atletico Madrid di posisi ke­du­a.(jpg/dkw)