Beranda Pendidikan

Ekskul Bola Tangan SMP IBG Bertabur Prestasi

BERBAGI
BANGGA: Para atlet bola tangan dari SMP IBG menunjukkan penghargaannya.

BOGOR–Olahraga bola tangan mungkin masih awam terdengar. Namun, sekarang sudah mulai berkembang dan sangat pesat di Kota Bogor. SMP Informatika Bina Generasi (IBG) bahkan telah menjadikan olahraga ini sebagai ekstra­kurikuler bagi siswanya sejak 2012. Hingga saat ini telah banyak prestasi yang mereka dapatkan setiap tahun.

Menurut pelatih bola tangan di SMP IBG, Novi Rinata, mulai 2013, sekolahnya sering muncul sebagai juara di beberapa ajang, mulai dari tingkat kota hingga provinsi. Yang terbaru, SMP IBG meraih juara 1 putra-putri dalam kejuaraan bola tangan antar-SMP se-Jawa Barat yang digelar kampus Darul Hikam Interna­tional School Bandung.

“Bahkan pemain kami, putra dan putri menjadi pemain terbaik, yaitu Fajar Restu Mulyadi dan Shakira Nurjanah dari kelas 8,” tambahnya.
Ia menceritakan, latihan rutin pun kerap dilakukan untuk meningkatkan kualitas teknik juga fisik bagi siswa yang mengikuti kejuaraan. “Latihan secara rutin tiga kali dalam seminggu, dan saya selalu menerapkan kedisiplinan da­lam latihan dan rasa keke­luargaan, sehingga saat bermain kekompakan tim akan terjaga,” cerita Novi.

Nah, dalam waktu dekat ini, SMP IBG akan kembali meng­ikuti ajang Liga Pelajar se-Bogor Raya. Tepatnya Februari. Ia pun sedang giat melatih siswa agar siap menghadapi lawannya nanti.

”Kami akan mempertahan gelar juara, karena dua tahun kemarin, berturut-turut kami muncul sebagai juara. Dan jika juara, ini akan menjadi keun­tungan bagi siswa agar bisa men­dapatkan jalur prestasi ke sekolah favorit yang mereka ingin­kan,” bebernya.

Bukan hanya dapat masuk ke sekolah favorit, Novi me­nuturkan, beberapa siswa yang telah lulus dari SMP IBG bahkan telah menjadi atlet daerah untuk cabang olahraga bola tangan.

”Mereka kini bahkan sedang dipersiapkan untuk mengikuti Porda 2018 mewakili Kota Bogor,” tambah Novi.

”Kami memberi-kan apresiasi bagi siswa-siswa yang berpres­tasi baik di tingkat kota, kabupaten, maupun pro­vinsi,” katanya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga