Beranda Metropolis

Bikin E-KTP Cukup Sehari

BOGOR–Setelah terpenuhinya pasokan blangko e-KTP, kini pelayanan pencetakan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor kembali optimal. Pembuatan e-KTP yang sebelumnya membutuhkan waktu berharihari, kini bisa cukup sehari jadi.

Kepala Bidang Kependudukan pada Disdukcapil Kota Bogor, Agus Suparman menjelaskan bahwa hal tersebut bukan program baru dari Disdukcapil Kota Bogor. Sebab, sudah sempat terjadi beberapa tahun lalu sebelum pasokan blangko mengalami kelangkaan.

”Sebenarnya bukan program baru, kemarin sempat terhambat karena kelangkaan blangko,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (29/1).

Pemberlakuan tersebut kembali dijalankan Disdukcapil Kota Bogor sejak dua pekan lalu. Lantaran, kini pasokan blangko e-KTP sudah berangsur normal.

Meski demikian, menurutnya, mereka yang bisa mencetak dalam waktu sehari yaitu yang sudah terdaftar di Print Ready Record (PRR) atau identitasnya sudah terdaftar di pemerintah pusat.

”Pemohon tinggal datang ke kantor Disdukcapil dengan membawa surat keterangan (suket) dari hasil rekam identitas.,” terangnya. Pengajuan untuk sehari jadi kata dia kalau datanya sudah dikirim dari pusat.

Tahapannya, setelah menyerahkan suket pada petugas Disdukcapil, pengaju akan diberikan surat bukti pengambilan e-KTP. ”Kemudian dipersilakan untuk nunggu KTP-nya jadi,” kata Agus.(fik/c)

Baca Juga