Beranda Politik

AY Gagas Pengembangan Desa

BERBAGI
SEMANGAT: Ade Yasin (kiri) berorasi bersama Iwan Setiawan saat silaturahmi akbar di Lapangan Landeh

LEUWISADENG–Pasangan bakal calon bupati Bogor, Ade Yasin (AY) dan Iwan Setiawan, berjanji akan membantu para mantan penambang liar atau biasa disebut gurandil yang kini kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dalam janjinya, AY akan mencarikan solusi termasuk membangun koperasi tambang. ”Saya dapat surat dari salah satu tokoh masyarakat terkait tidak dimanusiakannya gurandil,” ujarnya di hadapan ribuan warga saat silaturahmi akbar di Lapangan Landeh, Desa Lewisadeng, Minggu (28/1).

Dalam surat tersebut, kata dia, berisi keluhan terkait nasib mantan gurandil yang saat ini kesulitan menghidupi keluarganya.

”Kami ingin gurandil dimanusiakan, harus diberdayakan, jangan diobokobok,” kata Ade membacakan surat yang diterimanya tersebut.

Selain itu, warga yang menjadi gurandil juga merasa diintimidasi pemilik modal besar serta dilarikannya hasil tambang keluar Kabupaten Bogor. ”Ada solusi, ketika gurandil dianggap ilegal, tidak bisa dibubarkan begitu saja, pemerintah bisa memfasilitasi mereka dengan membentuk koperasi tambang,” ujarnya.

Lebih lanjut, AY juga akan menggagas pengembangan desa berbasis pertanian, w i s a t a, dan pengembangan sesuai dengan potensi di masingmasing wilayah. ”Seperti Pabangbon, sekarang ini pemandanganya indah karena dimaksimalkan,” ujar dia.

Jika pemerintah serius memfasilitasi potensi-potensi desa secara maksimal, kata dia, bukan tidak mungkin Kabupaten Bogor ke depan akan menambah tempat wisata-wisata baru. Terlebih, wisata rumah pohon kini sedang hit.

”Potensi seperti itu harus dimaksimalkan bekerja sama dengan Perhutani. Pembangunan dimulai dari desa, dipastikan imbasnya ke kota,” tuturnya. Ketua DPW PPP Jawa Barat tersebut juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana.(ded)

Komentar Anda

Baca Juga