Beranda Pendidikan

Siswi SMPIT Birrul Waalidain Kunjungi Polisi

BERBAGI
ANTUSIAS: Para siswi menyimak penjelasan dari anggota polisi.

KEMANG–Puluhan siswi SMP IT Birrul Waalidain mengun­jungi kantor Polsek Kemang, Kamis (25/1). Kegiatan ini dalam rangka mengenalkan anak kepada tokoh-tokoh yang berperan penting di masyarakat, sehingga bisa memperluas ilmu dan menjadi inspirasi bahkan motivasi.

Siswi dijelaskan banyak hal oleh polisi-polisi di sana, di antaranya lima fungsi utama polisi, yaitu binamitra, samapta, lalu lintas, intel, dan reserse kriminal.

Bagian intel misalnya, siswi diberikan penjelasan lang­sung oleh salah seorang polisi yang merupakan Kadep Intel Polsek Kemang, Aiptu Din Rowana.

Ia menjelaskan, intel ber­tu­gas mengumpulkan infor­masi sebelum permasa­la­han meledak. “Bahan kete­ra­ngan dikumpulkan oleh Bintara, lalu pimpi­nanlah yang akan menimbang dan memberi tindakan selan­jutnya,” jelasnya.

Polisi yang bertugas di bidang samapta, Ipda Rudi Hartono pun turut mem­berikan penjelasan kepada siswi SMP IT Birrul Waalidain. Ia menjelaskan unit samapta ini bertugas untuk menja­lankan tugas-tugas umum kepolisian seperti patroli, penjagaan markas, penjagaan tahanan, penjagaan objek vital, penerimaan dan pem­buatan laporan surat kehila­ngan, dan lain sebagainya.

“Kami juga melakukan pengamanan dan pengen­dalian masa saat terjadi unjuk rasa,” tambahnya.

Selanjutnya, fungsi lalu lintas dijelaskan oleh AKP Edwin Riswandi. Ia mengim­bau siswi yang hadir untuk selalu tertib dalam berlalu lintas, terutama dalam berken­dara menggunakan sepeda motor.

“Kalian wajib mempunyai SIM terlebih dahulu, dan jika berkendara menggunakan motor, selalu menggunakan helm untuk melindungi kepala,” himbaunya.

Polisi lainnya pun turut serta memaparkan bidangnya dan perannya masing-masing. Para polisi Kapolsek Kemang tersebut berharap, dengan kegiatan ini, polisi bisa menjadi lebih dekat dengan siswa. Sehingga, citra polisi tidak lagi menakut-nakuti masyarakat, tetapi lebih berbaur.

“Bahkan jika adik-adik ingin merasakan mengatur lalu lintas, kita bisa praktik langsung di sekitar sekolah, dan kami dari Polsek Kemang, siap mendampingi,” cetus AKP Edwin Riswandi.

Siswi SMP IT Birrul Waali­dain yang hadir pun meme­perhatikan dengan seksama. Saat diberikan kesempatan untuk bertanya, mereka saat antusias bergiliran melon­tarkan per­tanyaan kepada para polisi.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga