Beranda Metropolis

GTP Hijaukan Kantor Kecamatan

PEDULI LINGKUNGAN: Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) usai melaksanakan kegiatan di kantor Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

BOGOR-Menginjak aksinya yang ke-161, komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) menyasar kantor Kecamatan Bogor Barat di Jalan Darul Quran. Kantor yang baru diresmikan sejak sebulan lalu itu, halamannya ditanami puluhan bibit pohon untuk menghilangkan kesan gersang.

Inisiator GTP yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono menjelaskan, pihaknya memang menyasar kantor-kantor pemerintahan. Terlebih, kantor Kecamatan Bogor Barat baru rampung dibangun.

“Kita tanami 20 pohon. Ada pohon nangka, durian, sukun, manggis, jeruk, dan matoa,” ujarnya kepada Radar Bogor usai menanam pohon, kemarin (28/1).

Terbukti, setelah lebih dari dua tahun melakukan gerakan tanam pohon di berbagai titik Kota Bogor, banyak bibit pohon yang hasilnya sudah bisa dinikmati. Ia memprediksi, bibit pohon yang kali ini ditanamnya pun tak lama lagi akan membuahkan hasil.

“Sudah banyak yang menghasilkan. Ini kan jenis unggul semua yang kita tanam, ini hasil genetika yang sudah mengalami okulasi. Dalam waktu yang tidak lama pasti akan berbuah dan tumbuh dengan besar karena bibitnya unggul,” terangnya.

Dia mengaku sengaja menanam di berbagai kantor pemerintahan, karena bisa dinikmati secara langsung. Sebab, banyak dampak yang dihasilkan dari pohon-pohon itu.

“Manfaatnya, selain menghijaukan alam lingkungan kita, juga untuk kepentingan habitat satwa, kemudian kepentingan buah-buahan kita,” kata Heri.(fik/c)

Baca Juga