Beranda Metropolis

CGM Digelar 2 Maret

BOGOR–Keberagaman dan kekayaan budaya nusantara kembali disuguhkan Kota Bogor melalui helaran Pesta Rakyat CGM 2018. Event tahunan yang berlangsung di sepanjang Jalan Suryakancana, Kota Bogor ini, akan digelar pada 2 Maret 2018 mendatang.

Mengambil tema Ajang Budaya Pemersatu Bangsa, helaran besar ini akan menampilkan berbagai bentuk kesenian dan budaya yang unik dan juga atraktif dari Kota Bogor dan berbagai daerah di Indonesia.

Tahun ini, bentuk kesenian dan budaya helaran dari Bogor akan dilengkapi dengan sajian seni helaran asal Jawa Barat, di antaranya, dari Purwakarta, Cianjur, dan Ciamis.

Sedangkan bentuk seni budaya nusantara yang disiapkan, antara lain, kesenian asal Kalimantan, Jawa Tengah, Madura, Sumatera Barat, dan suguhan budaya Betawi.

Ketua Pelaksana Pesta Rakyat CGM 2018, Arifin Himawan mengatakan, seni helaran yang ditampilkan ini tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri, tetapi juga menggambarkan adanya persatuan nasional yang diperlihatkan dalam bentuk kekayaan budaya bangsa.

”Semangat pluralisme yang ditanamkan bersama dengan masyarakat Bogor ini menjadi salah satu ciri dan identitas kita dalam menjaga kesatuan bangsa,” tegasnya.

Sebagai salah satu ajang kebanggaan Kota Bogor, Arifin juga sangat mengapresiasi dukungan dan antusiasme masyarakat yang setiap tahun menyaksikan seluruh rangkaian acara dan berbagai persembahan dalam Pesta Rakyat CGM. Puluhan ribu massa dari berbagai pelosok, memadati area sepanjang jalur Suryakancana.

”Helaran ini dipersembahkan untuk masyarakat, sebab itu kami menyebutnya sebagai Pesta Rakyat,” katanya.

Karena itu pula, menurut Arifin, kita harus bersama-sama menjaga, menikmati helaran ini dengan tertib, mengedepankan kepentingan bersama, dan kukuh memelihara toleransi.

“Sebagai bentuk kema­jemukan pesta rakyat, gelaran budaya ini secara khas selalu dibuka dengan doa dari enam pemuka agama, yang secara berdampingan dan bergiliran memanjatkan doa serta rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa,” jelasnya.

Ciri khas gelaran budaya itu tak hanya sampai di sana. Cantiknya pesona Indonesia akan nampak jelas dari ragam, corak, dan jenis hasil kreasi tiap pendukung acara.

Koordinator Acara Pesta Rakyat CGM 2018, Jimmy Charter menuturkan, puluhan sanggar dan komunitas di Kota Bogor sudah mulai menyiapkan bentuk-bentuk kreasi yang akan ditampilkan. Hampir seribu orang pelaku seni dan budaya akan terlibat dalam event ini.

”Semua pendukung acara tengah mempersiapkan diri dan secara intens berkoordinasi dengan panitia. Tentu formatnya bisa saja berubah seiring proses kreatif, agar bisa menyajikan kreasi yang terbaik,” ujarnya.

Di helaran ini, Bogor di antaranya akan menyajikan garapan artistik seni dari hasil kreasi bambu, juga atraksi menarik tradisi Sunda yang kini jarang dilihat masyarakat. Bahkan, kemasan kekayaan flora dan fauna di tatar Pakuan juga akan menjadi ciri tersendiri dalam bentuk sajian kreatif.

Ikon-ikon Bogor yang dikemas dalam bentuk kostum atau ornamen seperti talas, kujang, raflesia hingga rusa turut memberi warna menarik di ajang ini.

Tak ketinggalan, beragam atraksi liong dan barongsai dengan warna-warna benderang dan permainan cahaya di malam hari, dipastikan akan unjuk kebolehan sebagai suguhan khas yang paling ditunggu masyarakat.

Helaran Pesta Rakyat CGM 2018 juga akan semakin meriah dengan aksi dan penampilan parade drum band, barisan lampion dan gotong joli yang biasanya diikuti sejumlah vihara dari Bogor, Jakarta, Tangerang, Ungaran dan Rembang.(fik/c)

Baca Juga