Beranda Metropolis

Kenali NU dengan Bedah Sejarah

BOGOR–Memperingati Hari Lahir ke-92 Nahdlatul Ulama, Lembaga Bahtsul Masa’il (LBM) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Bogor bakal menggelar bedah sejarah Nahdlatul Ulama.

Kegiatan akan dilakukan pada Minggu (28/1) pukul 15.30, di aula PCNU Kota Bogor, Jalan Sempur Kaler Kecamatan Bogor Tengah.

Sejarah tersebut perlu dibedah lantaran tak sedikit warga NU yang kebingungan perlu berkontribusi dalam hal apa. Ketua LBM NU Kota Bogor, Khotimi Bahri, menjelaskan bahwa sejarah tersebut perlu diungkap, agar para jamaah paham dan mengerti apa saja yang perlu diperjuangkan. Seperti halnya perjuangan dalam melahirkan NU.

“Karena sekarang banyak yang ngaku NU tapi gak paham apa yang harus diperbuat,” jelasnya kepada Radar Bogor, Kamis (25/1).

Beberapa yang akan dipaparkan oleh Sejarawan Habib Ali Yahya itu, berupa latar belakang hingga proses pendirian NU. Pasalnya, menurut Khotimi, ada banyak faktor yang melatarbelakangi didirikannya NU.

Tak hanya itu, dalam kegiatan itu juga akan membahas beberapa tokoh penting yang diyakini sebagai pendiri NU. “LBM akan menjelaskan latar belakang sekaligus beberapa tokoh yang terlibat,” sebutnya.

Khotimi menjelaskan bahwa kegiatan ini tak hanya dilaksanakan di Kota Bogor, melainkan juga di seluruh Indonesia dengan tema yang berbeda.(fik/c)

Baca Juga