Beranda Berita Utama

Desa Cimande, Kecamatan Caringin Kembangkan Pariwisata Lokal

BUDAYA: Anak muda memeragakan kesenian tradisional pencak silat dalam salah satu acara.

Cimande adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang letaknya di antara Gunung Pangrango dan Gunung Salak.

Seni bela diri Cimande merupakan salah satu kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia. Selain itu, Cimande juga terkenal dengan pengobatan tradisional patah tulang.

Kepala Desa Cimande, Sudrajat mengatakan, wilayah Cimande terbagi dalam 4 RW dan 17 RT. Selain terus mengembangkan pertanian, kata dia, saat ini pihaknya pun berusaha menciptakan desa pariwisata.

“Saat ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan dan kesejukan udara Puncak. Ada baiknya saat ini perlu melirik daerah tetangganya yaitu Cimande,” urai Sudrajat.

Menurutnya, Cimande adalah daerah adat di mana masyarakatnya masih memegang kuat budaya dan ke­arifan lokal pening­galan leluhur.

“Perjalanan wisata tidak hanya mem­berikan kesenangan semata, namun lebih mengarah pada ter­ciptanya sebuah nilai edukasi. Wisata seperti ini, biasa disebut se­bagai wisata minat khusus,” tuturnya.

Pemkab Bogor men­catat, tanaman salak slebor diproduksi oleh P4S Antanan Cimande Bogor. Ternyata, rasa dan aromanya bisa menyamai salak pondoh.

Selain potensi pertanian, potensi produk-produk kreatif juga ada di desa ini. Misalnya, produksi layang-layang berkualitas baik. Di lingkungan ini juga ada warga yang memproduksi penganan tradisional yaitu wajit dan tengteng kacang.(dka/c)

Baca Juga