Beranda Female

Gandeng Polisi, Dekatkan dengan Masyarakat

KERJA SAMA: Pengurus Komunitas Buka Mata saat bersama para pejabat Polresta Bogor Kota.

Komunitas Buka Mata menjalankan program-porogram yang sudah disusun seperti menginisiasi Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) dengan membuat kampung-kampung literasi.

Memediasi lembaga atau dunia usaha sebagai bapak asuh bagi kampung literasi melalui pendirian Rumah Baca, mengupayakan spot WiFi gratis bagi Rumah Baca, Gerakan Sejuta Buku, yaitu dengan menjadi wadah bagi masyarakat yang memberikan donasi.

”Masyarakat diharapkan dapat menyumbang buku. Nantinya akan kami sumbangkan ke Rumah Baca yang ada di enam kecamatan di Kota Bogor,” tuturnya.

Kemudian, menggandeng dunia usaha agar dapat menyalurkan sebagian CSR-nya kepada kampung-kampung literasi, membangun kesadaran hukum bagi masyarakat melalui polisi go to school, polisi go to community, polisi sahabat anak, kampanye kesadaran berlalu lintas, sosialisasi sadar hukum bagi masyarakat, lembaga, komunitas dan kampanye taat hukum bagi berbagai kalangan.

”Polisi go to shool dan polisi go to community itu misalkan kami bekerja sama dengan kasat narkoba untuk mengedukasi mengenai narkoba. Selain itu, memberikan informasi kepada anak-anak apa saja tugas dari seorang polisi,” ujarnya.

Sementara, polisi sahabat anak adalah program perlindungan yang lebih dari polisi kepada anak-anak. Untuk kampanye kesadaran berlalu lintas, Komunitas Buka Mata bekerja sama dengan polisi lalu lintas memberikan kesadaran kepada masyarakat langsung di tempat, misalkan memberikan kesadaran mengenai rambu-rambu lalu lintas.

”Masih banyak masyarakat yang kurang kesadaran terhadap rambu lalu lintas.Seperti dilarang parkir, tapi tetap masih banyak yang parkir. Nanti, kami akan memberikan edukasi dan pemahaman secara langsung,” tuturnya.

Sosialisasi sadar hukum bagi masyarakat, lembaga dan komunitas dikemas dengan sebuah seminar atau berdiskusi dengan komunitas atau masyarakat mengenai pemahaman hukum, misalkan korupsi dan lain-lain.

Kemudian ada kegiatan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan melalui kampanye hidup sehat, deteksi dini penyakit degeneratif, inisiasi senam sehat Buka Mata dan pemeriksaan darah gratis serta cek kesehatan gratis.

”Untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai kesehatan akan dikemas melalui seminar edukasi, dan gerakan bahwa hidup sehat itu sangat penting dan langsung terjun ke masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, bekerja sama dengan komunitas lain dalam berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan seperti mengupayakan PIRT gratis bagi UMKM, menyelenggarakan kelas inspirasi bagi profesional dari berbagai profesi dan pejabat pemerintah, TNI dan Polri.(rp3/c)

Baca Juga