Beranda Uncategorized

SMKN 4 Punya Kelas Komatsu

KERJA SAMA: Tim manajemen PT Komatsu Indonesia bersalaman dengan kepala SMKN 4 Kota Bogor usai menyepakati kerja sama dalam program pembukaan kelas khusus Komatsu.

BOGOR–Sejak adanya Ins­truksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, terjalinlah kerja sama antara industri dengan SMK.

Seperti yang dilakukan SMKN 4 Kota Bogor dengan PT Ko­matsu Indonesia yang meru­pa­kan industri alat berat. Ke­marin (23/1), tim manajemen PT Komatsu Indonesia me­ngun­jungi SMKN 4 Bogor dalam rangka memaparkan rencana keber­­adaan kelas baru, yaitu kelas Komatsu. Juga, penyerahan bantuan peralatan pendidikan berupa mesin las GMAW bagi sis­wa jurusan Pabrikasi Logam.

Kehadiran tim manajemen PT Komtsu Indonesia tersebut disambut meriah oleh SMKN 4 Bogor dengan tarian-tarian tradisional dan penampilan pencak silat dari siswa. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan.

Kepala SMKN 4 Kota Bogor Joni Alwis mengharpkan agar kerja sama ini terus terjalin untuk mendorong lulusan dari sekolahnya yang berdiri 2009 ini menjadi lebih baik.

”Mungkin ke depannya, siswa kami bisa mengikuti pelatihan magang secara langsung di PT Komatsu Indonesia, sehingga bisa merasakan kerja di dalam industri. Setelah lulus, diharapkan bisa terserap sebagai tenaga kerja di PT Komatsu Indonesia,” jelasnya.

Harapan tersebut dijawab langsung salah seorang tim manajemen yang hadir pada hari itu, Adi P. Adam yang juga kepala pengembangan SDM Himpunan Industri Alat Berat (HINABI). Ia mengatakan, melalui program ini, diharapkan siswa SMKN 4 Bogor mampu bekerja dengan menjawab kebutuhan kriteria tenaga kerja di perusahaannya. Kata dia, Indonesia akan dapat maju sebagai negara industri jika SMK juga maju dan melahirkan tenaga kerja yang siap.

“Jadi kami butuh kesiapan teman-teman siswa, kita harus terus berkembang dan berlatih un­tuk dapat memenuhi pasar tenaga kerja. Jika program ini dapat berjalan dengan baik, maka ke depannya akan ada kelas pengelasan. Sehingga SMKN 4 Kota Bogor ini meru­pakan salah satu SMK yang terpilih oleh kami, karena me­miliki program studi Pabrikasi Logam,” tutur Adi.

Manager Takumi Training Center PT Komatsu Indonesia Asep Suhendi membenarkan hal itu. Ia menambahkan, ke depan pihaknya akan lebih cepat dan lebih baik menjawab kebutuhan konsumen. Yakni, dengan melatih siswa berdasar kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja di PT Komatsu Indonesia.

“Sehingga ketika permintaan konsumen cepat, tenaga kerja yang siap bekerja pun dapat kami peroleh dengan cepat.Karena nantinya ketika masuk industri, lulusan dari SMKN 4 Bogor ini, tidak perlu berlama-lama mengikuti training karena sudah didapatkan di bangku sekolah,” terang Asep.

Untuk itu, pihaknya akan membuat silabus dan kurikulum. Guru SMK maupun siswa diajak magang di PT Komatsu Indonesia.

”Kami akan hadir secara periodik walaupun tidak sering untuk memberikan pengalaman tentang berbagai industri di tempat kami, sehingga dapat memotivasi siswa di SMKN 4 Kota Bogor ini,” bebernya.

Pada hari itu juga hadir kepala BP3 Wilayah 1 Jawa Barat, Se­kretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Kepala MKKS SMK Kota Bogor, serta pengawas pembina SMK Dinas Pendidikan Kota Bogor. Setelah kata sam­butan, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama, perco­baan penggunaan alat las dari PT. Komatsu Indonesia, dan terakhir ditutup dengan ramah tamah.(cr1/c)

Baca Juga