Beranda Pendidikan

SMA Kosgoro Sosialisasi Ujian Masuk PTN

ismiatunisa/radar bogor
JELANG UJIAN: Kepala sekolah dan guru SMA Kosgoro menyampaikan info tentang USBN dan UNBK.

BOGOR–Orang tua siswa kelas 12 SMA Kosgoro mengikuti sosialisasi ujian sekolah berstandar nasional (USBN), ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan masuk perguruan tinggi negeri pada Sabtu (19/1) di Aula Solidaritas SMA Kosgoro. Sosialisasi dilakukan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta testimoni dari alumni yang diterima di Universitas Indonesia.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutannya meminta kepada seluruh orang tua untuk membimbing putra-putrinya dalam belajar dan berperilaku yang baik. Tri Atmojo menjelaskan bahwa peserta ujian tahun 2018 sebanyak 308 siswa. “Terdiri pogram IPA 191 siswa dan program IPS 117 siswa, yang insya Allah akan melaksanakan USBN pada 19–24 Maret dan UNBK 9–12 April 2018,” sebutnya.

Tri menuturkan, pelaksanaan USBN tahun ini sedikit berubah, yaitu dari jumlah mata pelajaran yang diujikan. “Tahun ini, seluruh mata pelajaran yang berjumlah 13 mata pelajaran di USBN-kan, berbeda dengan tahun lalu yang hanya enam mata pelajaran dan USBN ini menentukan kelulusan,” jelasnya.

Menurutnya, ketentuan kelulusan di SMA Kosgoro ada empat syarat yang harus dipenuhi, di antaranya siswa harus menyelesaikan seluruh program pem­belajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik untuk seluruh matapelajaran.

”Serta lulus USBN dengan rata-rata nilai semua mata pelajaran paling rendah 7,0 dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 6,5, dan syarat terakhirnya, siswa harus mengikuti UNBK,” tambah Tri.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum Reni Herawati pada hari itu turut memaparkan hal-hal mengenai jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Ia menjelaskan, terdapat tiga jalur masuk PTN yaitu jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri dengan daya tampung rata-rata 30 persen.

“Sesuai dengan akreditasi, SMA Kosgoro yang berakreditasi A jumlah siswa yang berhak mengikuti seleksi khususnya SNMPTN sebanyak 50 persen,” jelasnya.

Reni menambahkan, keberhasilan siswa masuk PTN dipengaruhi oleh tiga hal,yaitu prestasi yang dimiliki, jurusan atau prodi yang dipilih, dan jejak rekam alumni.

“Mohon siswa yang diterma di PTN untuk pilihan pertama harus diikuti. Setelah masuk agar belajar sungguh-sungguh karena keberhasilan kakak kelas akan berpengaruh terhadap adik kelasnya nanti,” pesan Rani.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar dan mendapat sambutan baik dari orang tua. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan, terutama jalur studi lanjutan. Kegiatan lebih menarik karena ada testimoni siswa SMA Kosgoro yang diterima di UI dan perguruan tinggi lainnya.(cr1/c)

Baca Juga