Beranda Female

Latih Tetangga dan Berbagi Ilmu

BERBAGI
BUKA WORKSHOP: Fathya saat mengajari ibu-ibu membuat makrame untuk hiasan.

Fathya menuturkan, ia sering mengkreasikan makrame dengan tambahan warna. Untuk wall hanging sendiri, ada tiga warna yaitu putih, hitam, dan krem atau beige. Tetapi bisa diberi warna lain secara manual menggunakan pewarna kain. Untuk gantungan pot, memang sudah memiliki banyak warna.

”Saya memang suka mencoba hal baru dan bereksperimen, jadi saya sering membuat gradasi warna agar tampilan makrame semakin cantik,” ujarnya.

Dari hobinya ini, ternyata bisa menghasilkan uang lebih dari Rp5 juta per bulan hanya dengan modal awal Rp200.000. Fathya mengaku awalnya tidak diniatkan untuk berbisnis, tapi hanya hobi.

Karena sering meng-upload hasil kreasinya di media sosial dan ternyata banyak permintaan untuk dibuatkan makrame, sehingga ia pun menerima pesanan tersebut. ”Tidak disangka dari hobi bisa mendapatkan penghasilan sendiri,” tuturnya.

Fathya juga mengaku senang hobinya bisa bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya. Ia bisa berbagi ilmu dengan para tetangga yang sehari-harinya ibu rumah tangga untuk membantu mendapatkan pengasilan lebih. ”Saya senang bisa berbagi, dari hobi bisa menularkan kegiatan positif ke lingkungan sekitar,” tuturnya.

Fathya terbuka dengan orang-orang yang ingin belajar dan memang banyak yang meminta Fathya memberikan pelatihan. Ia pun memutuskan mengadakan workshop membuat makrame di rumahnya.

”Banyak yang meminta saya untuk melatih di luar Bogor, tapi untuk sekarang tidak dulu. Kemarin yang sudah mendaftar juga banyak dari luar kota. Saya senang banyak yang tertarik dengan hobi saya ini, jadi saya bisa berbagi ilmu,” tuturnya.

Ke depan, Fathya ingin mengembangkan makrame juga mengadakan workshop di berbagai kota. Ia ingin serius membawa hobi ini ke bisnis agar bisa membantu orang terdekat untuk menambah penghasilan.(rp3/c)

Komentar Anda

Baca Juga