Beranda Berita Utama

Kolega Kehilangan Sosok Sys NS

BERBAGI
Sys NS semasa hidup (dok. Jawapos)

JAKARTA–Sosok multitalenta Sys NS berpulang. Aktor, penyiar radio, pebisnis, dan pendiri Partai Demokrat bernama lengkap Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns Soerio Soebagjo itu meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta kemarin (23/1).

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang juga Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku kehilangan sosok Sys NS. “Beliau itu sosok yang humoris dan baik hati. Saya sudah kenal lama. Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya,” ujarnya kemarin (23/1).

Menurut keterangan keluarga, Sys NS ditemukan anaknya, Sab­dayagra, dalam kondisi ter­geletak di ruang tamu rumahnya di ­Jalan Kemang Timur Raya kom­pleks IIAPCO Jakarta Sela­tan. Keluarga lantas mem­bawa­nya ke RS Pondok Indah.

Pihak RS kemudian melakukan tindakan pompa jantung, namun Sys NS tak tertolong. Sosok yang juga dikenal sebagai komedian itu pun dinyatakan meninggal dunia pukul 13.30 dengan diagnosis serangan jantung. Jenazah kemudian dimakamkan di TPU Jeruk Purut sore kemarin.

Setelah meniti karier cemerlang di industri radio bersama Prambors, pria kelahiran Semarang, 18 Juli 1956, itu mulai terjun ke dunia politik sejak era reformasi. Kariernya dimulai dengan menjadi anggota MPR dari Utusan Golongan periode 1999-2004.

Setelah itu, bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan beberapa politikus lainnya, Sys NS mendirikan Partai Demokrat pada 2003. Bahkan, dia termasuk yang punya andil dalam terciptanya himne partai. Setahun kemudian, sosok berpembawaan ceria itu menjadi tim sukses pasangan SBY-Jusuf Kalla (JK) yang kemudian berhasil menang dalam kontestasi Pilpres 2004.

Di kalangan pendiri Partai Demokrat, Sys NS dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan mudah berinteraksi dengan berbagai kalangan. Karena itu, meski sempat keluar dari Partai Demokrat, hubungannya dengan para politikus partai besutan SBY itu tetap terjalin baik. (bay)

Baca Juga