Beranda Olahraga Arena

Vietnam Cetak Sejarah

BERBAGI

SEJARAH: Pemain timnas Vietnam saat bertanding.

JAKARTA–Pelatih Vietnam asal Korea Selatan, Park Hang-seo mengungkap satu rahasia besar usia berhasil membawa anak asuhnya mencatat sejarah di Piala Asia (AFC Cup) U-23 2018. Seperti diketahui, Vietnam tampil sebagai negara pertama dari Asia Tenggara yang sukses menembus semifinal Piala Asia U-23.

Vietnam mengejutkan Asia dengan lolos ke babak semifinal setelah menaklukkan Irak lewat babak adu penalti dengan skor 5-3 di perempat final. Sebelumnya, kedua tim bermain sama kuat 3-3 di sepanjang 120 menit permainan normal.

Bintang muda Vietnam, Nguyen Cong Phuong membawa Vietnam unggul terlebih dahulu pada menit ke-12. Aymen Hussein kemudian membalasnya di menit ke-29 lewat eksekusi penalti setelah dia dijatuhkan. Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal usai. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Hussein kembali mencetak gol pada menit ke-94 untuk membawa Irak berbalik unggul. Namun, Phan Van Duc lalu menyamakan kedudukan pada menit ke-108. Drama berlanjut ketika Ha Duc Chinh mengembalikan keunggulan Vietnam menjadi 3-2. Namun empat menit kemudian, Irak lagi-lagi menyamakan kedudukan lewat Alaa Mhawi.

Skor 3-3 bertahan hingga waktu usai. Drama adu penalti pun harus dilakukan kedua tim. Pada babak ini, eksekusi Bashar Rashan menjadi satu-satunya yang gagal menjadi gol, setelah bola sepakannya ke tengah gawang mampu digagalkan kiper Vietnam, Bui Tien Dung. Vietnam lolos dengan kemenangan 5-3 dalam adu penalti.

”Saya mempersembahkan kemenangan ini untuk seluruh suporter Timnas Vietnam. Saya juga berterima kasih kepada VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) dan semua orang yang telah memberi dukungan terhadap sepak bola Vietnam,” kata Park Hang-seo di laman AFC. “Sebelum pertandingan saya bilang kepada pemain bahwa misi kami tidak mudah. Tapi kami punya semangat dan determinasi tinggi dalam diri pemain sampai pertandingan benar-benar selesai,” sebut Park Hang-seo menambahkan.(jpg)

Komentar Anda

Baca Juga