Beranda Politik

Ummul Quro Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

PRAKTIK LANGSUNG: Siswa Ummul Quro belajar praktik bahasa Inggris yang dipandu mentor.

BOGOR–Di era global ini, pe­nguasaan bahasa asing seba­gai bahasa internasional sangat penting. Seperti bahasa Inggris. Karena itu, Yayasan Ummul Quro Bogor melakukan pelati­han bahasa Inggris rutin setiap tahun di awal semester genap. Menurut salah seorang guru bahasa Inggris yang meru­pakan wakil ketua pelaksana pelatihan, Ari Fakhrizal, kegia­tan ini ketiga kalinya dilakukan.

”Dua tahun sebelumnya, kami melibatkan lembaga kursus bahasa Inggris dari Kampung Inggris Pare. Tahun ini, yayasan mem­percayakan kepada kami selaku guru untuk melakukan pelati­han, mulai dari membuat mo­dul hingga peralatan mengajar lainnya. Karena menurut yaya­san, kami sebagai guru bahasa sudah qualified,” jelas Ari.

Ia menuturkan, program kursus ini dilakukan mulai 4 Januari, selama sembilan hari untuk SD-SMP, dan tujuh hari untuk SMA. ”Uuntuk para tutornya sendiri kami ambil dari internal dan eksternal sekitar 4 orang, selebihnya dari intrenal. Karena kekurangan dari SDM yang kami miliki,” katanya.

Metode yang dilakukan adalah ‘Active Learning’. “Kami memo­tivasi mereka untuk berani berbi­cara, sebetulnya kemam­puan bahasa Inggris rata-rata yang dimiliki siswa Yayasan Ummul Quro Bogor ini sudah mumpuni. Jadi kami sebagai tutor tinggal menambahkan kosa kata baru yang masih asing bagi mereka,” terang Ari.

Pelatihan dilakukan pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari dan terdiri dari lima sesi. ”Satu sesi terdiri dari satu jam yang dipotong dengan istirahat salat dan makan. Tiap sesi berbeda chapter yang dibahas dan sudah kami atur, sehingga materinya itu yang belum pernah mereka dapatkan selama proses pembelajaran biasa.

Kalau di reguler kan materinya sudah terpaku dalam buku sesuai kurkulikulum,” katanya. Kegiatan ini diharapkan membudayakan bahasa di Yayasan Ummul Quro, baik guru maupun siswa.(cr1/c)

Baca Juga