Beranda Pendidikan

Tumbuhkan Jiwa Sosial, SMAN 5 Bogor Gelar SAOS

JIWA SOSIAL: Seluruh civitas SMAN 5 Bogor yang terlibat dalam kegiatan Social Action of Smanli foto bersama di akhir acara.

BOGOR–SMAN 5 Bogor rutin menggelar kegiatan kema­nusiaan setiap tahun. Seperti pada Jumat lalu (19/1), PMR Unit SMAN 5 Bogor menggelar kegiatan Social Action of Smanli (SAOS). Menurut Kepala SMAN 5 Bogor, Dewi Suhartini, kegiatan ini digelar dengan tujuan menumbuhkan jiwa sosial pada siswanya. ”Selain itu juga sebagai wadah bagi mereka, khususnya anggota PMR, untuk mengaplikasikan ilmu dan teori yang didapat,” tuturnya.

Dewi menerangkan, dalam kegiatan ini, anggota PMR melakukan pemeriksaan kesehatan dan kesehatan mata, serta pemberian vitamin yang ditujukan bagi masyarakat di sekitar SMAN 5 Bogor.

”Selain itu juga ada penyu­luhan atau seminar bagi SMP se-Kota Bogor baik negeri maupun swasta,” bebernya.

Dewi menambahkan, agar kegiatan ini dapat berlangsung, PMR Unit SMAN 5 Bogor bekerja sama dengan PMI Kota Bogor dan Puskesmas Keca­matan Bogor barat.

“Jadi, dalam acara yang dilakukan PMI ini, ada juga kegiatan donor darah. Kantong darah yang dihasilkan dikum­pulkan PMI Kota Bogor, dan penyuluhan kesehatan bagi siswa SMP dibantu Puskesmas Kecamatan Bogor Barat,” kata Dewi.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh sekolahnya dengan perbaikan dan peningkatan. ”Saya ingin ke depannya ada panitia khusus, bukan dari anggota PMR saja. Nanti ruang lingkupnya akan lebih banyak sehingga manfaatnya pun dapat dirasakan masyarakat Kota Bogor,” harapnya.(cr1/c)

Baca Juga