Beranda Kuliner

Berkreasi dengan Hidangan Utama

BERBAGI

Menyiapkan menu utama sering jadi PR para ibu. Apalagi jika keluarga tengah bosan dengan masa­kan rumahan. Makanan bisa-bisa ­­­ti­dak­ ter­sentuh seharian. Saat luang, ada kesempatan untuk men­coba memasak menu main course ala hotel ini.

KALI ini ada empat resep menu utama dan satu dessert yang bisa dieksplorasi di dapur. Semua merupakan signature dish hotel. ’’Bahannya gampang didapat dan langkah pembuatannya mudah. Masaknya juga terbilang tidak lama,’’ ujar Fahriansyah, executive chef HARRIS Hotel Gubeng, Surabaya.

Pertama, HARRIS oxtail soup. Meski berbahan utama buntut, kuah sup jernih dan tidak ngendal. ’’Tipnya, rendam buntut di air mendidih selama 2–3 menit. Setelah itu, tiriskan dan cuci. Baru diolah,’’ tuturnya.

Alumnus BPLP Bali tersebut menyatakan, kotoran dan buih yang muncul selama merebus harus diangkat. Jika ingin hidangan nonkuah, buntut yang sudah dimasak bisa digoreng. ’’Tinggal ditumis lagi, lalu digoreng,’’ kata Fahri.

Menu kedua, ayam bumbu kuning. Yang membikin beda, ayam tidak digoreng. ’’Digoreng untuk mendapatkan warna kecokelatan saja. Untuk mematangkannya, dioven,’’ paparnya.

Hasilnya, ayam matang sempurna, tetapi tidak terlalu berminyak. Selain itu, sambal yang digunakan tidak biasa. Yakni, berbahan bunga dan batang kecombrang. Paduan sambal yang pedas serta wangi. Tambahan acar membuat ayam bumbu kuning punya cita rasa yang lebih ringan.

Untuk yang menggemari ikan, ada sajian fish & wich. Hidangan tersebut memadukan tekstur lembut ikan dan renyahnya sayuran. ’’Bagian atasnya bisa ditambah kentang yang dipotong tipis memanjang, lalu digoreng,’’ ucapnya.

Selain menu dengan bahan hewani, pria yang merintis karier sejak 1994 itu menyiapkan menu pasta vegetarian. Yakni, apaghetti arabiata. Sekilas, tampilannya mirip spaghetti bolognaise. Yang membedakan, saus pastanya tidak menggunakan daging cincang.

Fahri membagikan tip agar pasta tidak hancur meski dimasak bersama saus. ’’Pasta dan saus dimasak terpisah. Setelah itu, pasta dicampur dalam saus aduk sebentar, lalu sajikan,’’ paparnya.

Untuk dessert, ada sajian manis banana caramel crepe roll. ’’Resepnya adalah modifikasi dadar gulung. Bedanya, isinya bukan unti (kelapa parut yang dimasak dengan gula merah, red). Tapi, pisang yang dikaramel,’’ jelasnya.

Agar tidak hancur saat dimasak, dia menyarankan memakai pisang kepok atau susu. Pilihan lain, pisang bisa diganti nanas.(fam/c15/nda)

Komentar Anda

Baca Juga