Beranda Metropolis

Pengalihan Simpanan Bertahap

RAMAH: Kasir Bank Kota Bogor melayani nasabah (Doni/Radar Bogor)

BOGOR–BPR Bank Kota Bogor baru saja menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Bogor. Nantinya seluruh tunjangan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) disimpan untuk mengembangkan BUMD tersebut.

Kepala Satuan Kerja Audit Internal, Bank Bogor, Bambang Sulistyo mengatakan, dalam pelaksanaannya, penarikan nasabah dilakukan secara bertahap. Mulai dari lingkaran Balaikota sebanyak 600 ASN. Bulan berikutnya instansi di SKPD. “Tidak sekaligus 10 ribu PNS. Namun bertahap sehingga akhir tahun ter-cover semua,” katanya.

Tujuannya, kata Bambang, pengalihan tunjangan ini untuk membesarkan Bank Kota Bogor. “Gaji di BJB (Bank Jabar Banten) tapi tunjangan di Bank Kota Bogor,” katanya.

Kelebihan lain, lanjut dia, ASN bisa mengajukan pinjaman sesuai tunjangan yang didapat. Misalnya, pinjaman 70 persen dari tunjangan. Ke depannya, dengan semakin banyaknya dana pihak ketiga dari tunjangan yang masuk dapat menurunkan tingkat suku bunga.

Dengan masuknya dana tunjangan tersebut, ke depannya Bank Kota Bogor dapat menurunkan tingkat suku bunga. Sehingga, kondisi itu dapat dimanfatkan oleh sektor ekonomi mikro.(don/c)

Baca Juga