Beranda Ekonomi

Bisnis Hotel Syariah Naik 15 Persen

BERBAGI
BERSAING: IPB Convention Hotel terus berkembang di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

BOGOR–Perkembangan hotel syariah di Kota Bogor terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan mampu bersaing dengan hotel kovensional lainnya.

General Manager IPB Convention Hotel, Ahmad Hafti memprediksi, tahun ini bisnis syariah akan lebih baik. ”Kenaikan mencapai 10 hingga 15 persen,” ungkap Hafti kepada Radar Bogor, kemarin (17/1).

Lebih lanjut ia mengatakan, peningkatan mulai terlihat pada pertengahan Januari, Maret, dan April.

”Kunjungan kembali tenang memasuki bulan Ramadan dan lebaran,” ucapnya. Setelah melewati Idul Fitri atau sekitar Juli hingga pertengahan Desember, kunjungan kembali ramai.

Owner Saung Dolken Resort, Anizar menambahkan, saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan model syariah.

Menurut perempuan yang juga pengurus IWAPI Kota Bogor ini, rasa takut akan kehilangan market karena adanya pembatasan penjualan atau adanya segmen pasar tertentu tidak terbukti.

”Kalau dilihat lebih jeli, perkembangan hotel syariah sekarang ini memiliki peluang tersendiri di tengah persaingan konvensional,” katanya.

Saat ini, Sahira Butik Group (SBH) pun mampu menambah unit terbaru dengan bintang empat. ”Kami sudah mengembangkan sayap menjadi dua hotel dengan konsep sama, yakni madani atau syariah,” terang General Manager Sahira Butik, Sufian.

Hal senada diungkapkan General Manager The Sahira Ahmad Yani, Deni Prayoga. Menurutnya, saat ini tingkat okupansi semakin bagus di atas 80 persen. Bahkan, seiring dengan perkembangan, ada beberapa resort di Bogor yang juga menanamkan konsep syariah.(mer/c)

Komentar Anda

Baca Juga