Beranda Metropolis

Prancis Investasi di Bogor

BERBAGI

BOGOR–Kerja sama bilateral antara Prancis dan Bogor terus berlanjut. Setelah Smart City Lighting, kemarin (16/1), kedutaan negara asal Menara Eiffel itu membahas kerja sama membuka investasi di bidang sport station, yakni Decathlon.

“Decathlon adalah toko olahraga terbesar di Prancis yang sudah masuk Indonesia. Mereka tertarik untuk berinvestasi di Bogor,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya usai perte­muan dengan perwakilan dari Kedutaan Prancis, Jean Charles Berthonet.

Bima menilai, investor olahraga ini sejalan dengan jargon Kota Bogor sebagai City of Runner dan City of Sport. Saat ini pihaknya sedang mencari lokasi yang akan menjadi Decathlon.
“Tinggal cari tempatnya. Ini adalah produk yang sangat baik dan mudah-mudahan bisa dilakukan,” jelasnya.

Bogor dipilih lantaran hasil keputusan Pemerintah Prancis. Se­bab, warga Bogor dinilai me­miliki ketertarikan tinggi terhadap olah­raga. Tidak hanya trek lari, na­mun juga pangsa pasar yang bagus.

Sebelumnya, lanjut Bima, Pemerintah Prancis melalui Agen­ce Française de Dévelop­pement (AFD), telah bekerja sama dalam memba­ngun Kota Bogor. Di antaranya, Smart City Lighting.
“Ini dalam jangka panjang terus bertahap. Ini sudah dua tahun berjalan, kita terus merambah ke bidang-bidang lain,” sambungnya.

Kepala Sub Bidang Penataan Ruang pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Naufal Isnaeni menjelaskan, pada Smart City Lighting akan dibangun sistem PJU pintar yang hemat energi. “Ada jalan yang ramai atau ada yang mobil lewat baru menyala,” kata Naufal.

Menurut Naufal, Kota Bogor mempunyai pengembangan kota rendah karbon, emisi, dan rendah limbah lainnya. Terma­suk salah satunya efisien dalam energi. Program lain yang sedang berjalan, kata dia, adalah IPAL yang pembangunannya melalui Kementerian PUPR. Saat ini, di Kayumanis sedang dibangun infrastuktur terpadu. Selain sudah disosialisasikan, program ini sudah dikaji hingga ke luar Bogor.(don/c)

Komentar Anda

Baca Juga