Beranda Ekonomi

Bisnis Smartphone Meningkat Tipis

BERBAGI
HARAPAN: Penjualan smartphone di kawasan Jambu 2 mulai menggeliat.

BOGOR–Perkembangan pasar smartphone tahun lalu, dianggap kurang baik. Namun, awal tahun ini, berbagai kalangan memprediksi ada kenaikan dibandingkan sebelumnya.
Sekjen Aptiknas (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional), Muzakkir mengatakan, awal tahun ini, bisnis informasi teknologi IT dan smartphone lebih baik. Meski persentasenya tidak tinggi.

Khusus smartphone dan aksesorinya, kata dia, tumbuh lebih besar dari produk IT lainnya. Hal ini sesuai dengan kebutuhan pasar, sebab, saat ini mayoritas satu orang sudah memiliki minimal dua smartphone. “Diprediksi tumbuh rata-rata 2–5 persen,” terang Muzakkir kepada Radar Bogor, kemarin (16/1).

Pria yang juga owner Zoom Komputer ini menyebut, selama Januari, mayoritas konsumen berbelanja untuk kebutuhan pendidikan.

Hal senada juga disampaikan pengusaha IT Bogor, Robert Budajawan. Menurutnya, event-event besar dipastikan membutuhkan dukungan IT. “Ada Asian Games, pilkada di banyak daerah, yang tidak bisa lepas dari kebutuhan teknologi. Diperkirakan naik 5 persen,” terang Robert.

Menurutnya, penjualan smartphone lebih bergairah. “Ada banyak vendor baru yang menawarkan fasilitas tinggi dan harga lebih murah,” terangnya.(mer/c)

Komentar Anda

Baca Juga