Beranda Olahraga Kickers

Bintangnya Pogba!

PAHLAWAN : Paul Pogba, berusaha menjaga bola dari kejaran pemain Stoke City.

MANCHESTER–Paul Pogba memang tak mencetak gol saat Manchester United menang 3-0 atas Stoke City, Selasa (16/1) dini hari WIB. Meski begitu, dia pantas menjadi bintang dan pahlawan dalam kemenangan tersebut.

Gol-gol Man United dicetak oleh Antonio Valencia pada menit 9, Anthony Martial menit 38, dan Romelu Lukaku pada menit 72. De­ngan kemenangan tersebut, Setan Merah terus memberikan teka­nan kepada Manchester City yang sehari sebelum­nya kalah dari Liverpool. Man United kini mengoleksi 50 angka dari 23 laga dan berselisih 12 poin dari Man City.

Bukan tanpa sebab Pogba layak menjadi bintang dalam laga tersebut. Dua gol pertama Man United yang dihasilkan Valencia dan Martial berkat kreativitasnya dalam membangun serangan. Dia memberikan assist untuk Valencia dan Martial. Tanpa kepiawain Pogba dalam mencipta­kan kreativitas di lapangan tengah, Valencia dan Martial mung­kin tak akan mencetak gol.

Berkat dua assist dalam laga itu, Pogba kini layak dilabeli raja assist. Maklum saja, jumlah assist yang dibuatnya di Premier League musim ini sama dengan koleksi dua penggawa Man City, yakni Kevin De Bruyne dan Leroy Sane. Ketiganya sama-sama telah menciptakan 9 assist.

Hebatnya, Pogba memberikan kontribusi apik tersebut dalam jumlah laga yang minim. Seperti diketahui, hingga pekan ke-23 Premier League musim ini, gelandang asal Prancis tersebut baru tampil dalam 13 laga. Itu lantaran dia banyak menepi akibat cedera dan skorsing. Pogba absen karena cedera dalam 7 laga, sedangkan 3 laga dia absen lantaran skorsing.

Statistik Squawka memper­lihatkan bahwa Pogba memang lebih baik dari De Bruyne. De Bruyne lantaran selalu tampil dalam 23 laga, mampu melakukan umpan sukses sebanyak 1.362 dari 1.639 umpan yang dia lepaskan. Akurasinya mencapai 83%. Namun, akurasinya masih kalah dibanding Pogba.

Dia memang hanya melakukan 752 umpan sukses dari 890 total umpan. Tapi, akurasinya mencapai 85%. Berdasar assist, De Bruyne membuat 9 assists dari 23 laga. Artinya, rata-rata dia hanya mela­kukan 0,4 assist per laga. Bandi­ngkan dengan Pogba yang mem­buat 9 assists hanya dari 13 pertan­dingan. Setiap laga dia mampu melakukan 0,7 assist.(jpg)

Baca Juga